• November 30, 2023

Lebih Manis dari Jambu Biji, Inilah Manfaat Jambu Kristal

Pernahkah Sahabat Sehat mengonsumsi jambu kristal? Masih dalam varietas yang sama dengan jambu biji, jambu kristal ini ternyata rasanya lebih manis dan teksturnya lebih renyah.

Adapula kelebihan jambu kristal dibandingkan jambu biji adalah mempunyai biji yang lebih sedikit yaitu kurang dari 3% bagian daging buahnya. Meskipun mirip dengan jambu biji, buah tropis yang satu ini lebih mudah berbuah dan musimnya sepanjang tahun. Beragam zat gizi di dalamnya juga membuat buah ini banyak dicari.

manfaat jambu kristal
Foto: Pexels.com

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jambu kristal (Psidium guajava), mutasi dari jambu Muangthai Pak yang ditemukan tahun 1991 di Taiwan ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mendukung pertumbuhan, serta perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Mencegah dan Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan gusi dan mulut yang menganggu aktivitas makan, minum, dan berbicara. Vitamin C yang terkandung dalam jambu kristal berjumlah dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah jeruk, sehingga bisa mengatasi sariawan dan mencegahnya muncul lagi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat dan cerah pasti jadi keinginan setiap orang. Jambu kristal yang kaya vitamin E mampu menutrisi kulit. Vitamin E berperan membentuk kolagen yaitu protein yang membantu pembentukan struktur dan menjaga elastisitas kulit.

jambu kristal untuk kesehatan
Foto: Freepik.com

Mengurangi Tanda Penuaan

Selain mengatasi sariawan, vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah mencegah dan mengurangi keriput yang merupakan salah satu tanda penuaan. Memenuhi kebutuhan vitamin, salah satunya yang berasal dari jambu kristal, termasuk langkah untuk membuat kulit tetap sehat dan tampak awet muda.

Membantu Jaga Berat Badan

Mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 400-600 gram per hari merupakan bagian dari pola makan sehat yang perlu diterapkan. Buah jambu kristal bisa menjadi pilihan buah kaya akan serat, terutama pektin, yang membuat kamu merrasa kenyang lebih lama setelah memakannya. Oleh karena itu, keinginan untuk makan camilan bisa ditekan dan porsi makan menjadi normal, sehingga membantu menjaga berat badan.

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Bukan hanya membuat kamu merasa lebih kenyang, kandungan pektin dalam jambu kristal mampu melancarkan saluran pencernaan dengan cara memadatkan feses agar lebih mudah dikeluarkan. Secara ngga langsung, ini juga membuat buang air besar (BAB) lebih lancar dan mencegah terjadinya sembelit.

Mengontrol Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Dilansir dari laman Halodoc, rutin mengonsumsi jambu kristal dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kolesterol agar tetap dalam batas normal. Ini dikarenakan oleh adanya kandungan vitamin C dan serat yang mampu menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian, risiko penyakit jantung bisa diminimalisir.

Itulah beragam khasiat jambu kristal bagi kesehatan tubuh. Sahabat Sehat bisa mengonsumsinya dengan mudah karena buah ini selalu ada sepanjang tahun. Bisa dengan dimakan langsung, dibuat jus atau smoothies, diolah menjadi es buah atau rujak, ataupun berbagai menu lainnya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *