• March 5, 2024

3 Tips dari Ahli Gizi untuk Menurunkan Berat Badan agar Tubuh Tetap Fit Usai Lebaran

Kamu dapat mengutamakan makanan yang kaya protein seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian yang juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mempercepat proses regenerasi sel dalam tubuh, mengatasi keluhan sembelit, meningkatkan imunitasi tubuh, dan menurunkan kada kolesterol jahat pada darah. Selain itu, oat juga menjadi salah satu makanan yang kaya akan serat.

“Secara umum, kebutuhan harian protein seseorang adalah 0,8-1,2 gram dikali berat badan. Misal, jika berat badan seseorang adalah 50 kg, maka protein yang dibutuhkan yakni sekitar 40-60 gram per harinya. Untuk meningkatkan sistem imun, tubuh membutuhkan zat gizi makro dan mikro. Zat makro mencakup protein, lemak dan karbohidrat. Sedangkan zat mikro mencakup vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, magnesium dan zinc,” ujar Putri.

Hindari overeating dengan menerapkan prinsip mindful eating dan tingkatkan daya tubuh dengan multivitamin

Mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas dan berbagai penyakit kronis lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk menerapkan prinsip mindful eating untuk mencegah pengonsumsian makanan secara berlebihan sehingga dapat menurunkan berat badan. Kesadaran setiap orang menjadi dasar dari mindful eating ketika makan. 

“Misalnya, hindari multitasking atau mengobrol saat makan supaya kita sadar dengan porsi yang dikonsumsi. Kita juga harus menikmati rasa, aroma dan tekstur makanan. Jangan lupa untuk memperhatikan isyarat dari tubuh, contohnya tidak mengabaikan respon tubuh ketika sudah kekenyangan. Porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50% buah dan sayur dan 50% sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein,” ujar Putri bersama Tokopedia.

Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat dapat mengontrol porsi makanannya dalam mencukupi kebutuhan gizi dengan pedoman gizi “Isi Piringku” yang diumumkan oleh Kementrian Kesehatan RI dengan memenuhi asupan nutrisi harian tubuh tidak hanya dari makanan, tetapi juga dari pengonsumsian multivitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang cenderung ditemukan setelah Lebaran.

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *