• March 3, 2024

4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1. Daging

Daging merah seperti sapi dan kambing, daging putih seperti bebek atau burung puyuh, merupakan makanan yang harus dihindari bagi seseorang yang memiliki riwayat asam urat. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 100gram daging masak, bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh meningkat.

Produk daging olahan yang merupakan olahan pabrik juga harus dihindari, seperti sosis, nugget hingga kornet. Daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh dan natrium tinggi, sehingga bisa mempengaruhi fungsiĀ  ginjal, dan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Tak perlu khawatir, bagi seseorang yang memiliki asam urat tetap boleh mengonsumsi daging, namun hanya daging ayam saja.

2. Makanan Laut

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki asam urat, harus menghindari beberapa jenis makanan laut, agar kadar asam urat di dalam tubuh tidak meningkat. Makanan laut yang harus dihindari yaitu lobster, ikan sarden, kerang dan kepiting serta udang. Walaupun makanan laut bisa mengakibatkan asam urat, tetapi masih ada makanan laut yang bisa dikonsumsi, seperti ikan salmon. Saat mengonsumsi ikan laut, jangan lupa mengonsumsi brokoli dan diberi perasan air lemon, untuk membantu menetralkan asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *