• February 24, 2024

4 Rekomendasi Jenis Olahraga Praktis Hanya Butuh 20 Menit Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Menyadari bertapa pentingnya menjaga kesehatan terutama pasca pandemi COVID-19 dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah, dapat menghemat waktu serta dapat membuat tubuh lebih fit jika kamu tidak dapat datang ke gym sekalipun. Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan pada International Journal of Exercise Science, rutin melakukan olahraga di rumah yang diimbangi dengan makanan yang sehat merupakan cara efektif untuk meningkatkan kesehatan kardiometabolik. American College of Sports Medicine juga merekomendasikan pada orang-orang dewasa untuk melakukan olahraga minimum selama 30 menit dengan olahraga aerobik selama 5 hari per minggunya atau olahraga selama 20 menit selama 3 hari per minggunya. Contoh-contoh olahraga yang diikuti juga berupa workout, lari, bersepeda, berenang, brisk walking, atau olahraga kardio intensif seperti basket dan bola. 

“Bukan masalah durasi olahraganya tetapi intensitas akan performa serta kualitas dari seberapa seringnya menggerakan tubuh.” Kata Antoine Hamelin, CPT, personal trainer, serta CEO dari First Step Fitness. “Maka, melakukan 1 olahraga saja dapat menggerakan berbagai macam otot serta menghasilkan hasil yang baik selama 20 menit, yang didapat dari pemilihan olahraga yang tepat serta cara melakukan gerakannya secara tepat.” lanjutnya. 

Ditambah rutin melakukan olahraga juga memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan tubuh, menambah energi, waktu tidur yang baik, meningkaykan keseimbangan, mengurangi irisko gangguan jatuh karena bertambahnya usia, mengurangi stress dan kecemasan, berat badan seimbang, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, serta mengurangi berbagai macam penyakit. Olahraga juga dapat menjaga kesehatan mental seperti menjaga mood hingga 12 jam lamanya serta meningkatkan memori otak. 

Jika kamu masih bingung dengan olahraga yang cocok, berikut Fimela rangkum 4 rekomendasi jenis olahraga 20 menit yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan serta membuatmu dapat mencapai fitness dan health goals. Berikut informasi dari Verywellfit yang bisa kamu simak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *