• March 3, 2024

5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil Trimester 1

Dilansir dari Mayo Clinic, olahraga berjalan merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh semua orang termasuk ibu hamil. Selain membantu menjaga kebugaran dan keseimbangan tubuh, berjalan juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan pembengkakan. Untuk melakukan olahraga ini, pastikan ibu hamil memiliki sepatu yang nyaman serta memiliki permukaan sepatu yang tidak licin.

3. Renang

Renang merupakan jenis olahraga yang menyenangkan sekaligus tidak memberikan tekanan pada sendi. Pada saat melakukan renang, air akan mendukung tubuh untuk memberikan perasaan ringan dan membantu mengurangi ketidaknyamanan pada tulang belakang dan sendi. Selain itu, renang juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan.

4. Prenatal Aqua Aerobik

Dilansir dari American Pregnancy Association, penatal aqua aerobik merupakan jenis olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil, terutama pada trimester 1. Olahraga ini dilakukan di dalam air dengan gerakan yang lembut dan ringan. 

Selain itu, olahraga ini juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan ibu hamil seperti meningkatkan kebugaran kardiovaskular, mengurangi pembekakan, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kesehatan mental, serta memperbaiki postur tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *