• March 5, 2024

5 Latihan yang Dapat Menyembuhkan Inner Child

Imajinasikan masa kecil yang indah

Bawa diri anda kemasa di mana anda selalu merasakan kesenangan. Putar kembali waktu di dalam otak ketika anda merasa tertekan dengan suasana.

Tidak perlu menngingat yang terlalu rumit, carilah hal simple yang dapat membuat anda senang untuk sejenak. Contohnya anda memiliki kenangan saat membuat kue bersama nenek. Bayangkan bagaimana aroma kuenya, kejadian lucu yang terjadi, bunyi gertakan alat-alat, dan perasaan yang kalian rasakan.

Jika kalian disituasi di mana kalian tidak bisa merasakan kesenangan masa kecil. Mulailah berimajisani, membayangkan diri anda ada dalam situasi tersebut. Contohnya kalian terinspirasi dari film Disney, bayangkan diri anda sebagai pemeran utama dan bayangkan pilihan apa yang bisa kalian pilih.

Berbicara di depan cermin

Memang akan terdengar sepele, tapi nyatanya hal itu benar bisa mempengaruhi dirimu. Mulailah berbicara depat cermin. Bangunlah koneksi antara diri kalian. buatlah sebuah narasi di mana kalian berbicara dengan diri anda sendiri. Jangan sekalinya ungkapkan sesuatu yang negatif terhadap dirimu sendiri.

“Konstruk negatif, seperti “Saya tidak penting,” atau, “Saya tidak cukup baik,” sering terbentuk di masa kanak-kanak dari penganiayaan atau pelecehan selama tahun-tahun ini,” ujar  Godfrey yang mengutip dari psychcentral.com.

Mulailah menatap diri anda dicermin dan ungkapkan kata-kata seperti:

  • “Aku penting,”
  • “Apa yang aku mau itu penting,”
  • “Aku tidak akan tinggal diam,”
  • “Aku pasti bisa.”

Tulis Surat untuk diri anda

Luangkan waktu anda setidaknya 20 menit dalam sehari untuk menulis surat atau membuat jurnal untuk dirimu sendiri. Menulis surat untuk inner child akan membuat anda merasa senang.

Dilansir oleh Psychcebtral.com yang mengutip dari Godfrey “don’t deley what you need any longer.” Godfrey menyarankan untuk menulis kata-kata yang dapat membuat anda senang. 

Sesimpel  dengan menceritakan harimu dalam jurnal, itu akan memberikan dampak kepada dirimu. Kemudian bacakan kalimat dan cerita harimu kepada dirimu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *