• February 24, 2024

5 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Mengatasi Asam Urat

Manfaat yang pertama adalah mengatasi asam urat. Daun kersen sudah dipercaya sejak lama, untuk dijadikan obat herbal yang bisa menyembuhkan asam urat. Asam urat adalah penyakit nyeri sendi yang menyerang bagian jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Asam urat bisa disebabkan karena faktor keturunan, purin yang berlebihan, obesitas, dan memiliki kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat. Untuk menyembuhkan penyakit asam urat, beberapa helai daun kersen yang dicuci bersih bisa direbus dengan air, dan air rebusan daun kersen itu bisa diminum setiap hari.

2. Mencegah Kanker

Daun kersen memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C, serta mengandung mineral seperti flavonioda, tannin dan saponin. Kandungan ini bisa membantu mencegah penyakit kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam daun kersen, bisa membantu menangkal radikal bebas yang menyerang sel imun tubuh, membantu mencegah kanker, dan membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit. Rutin mengonsumsi air rebusan daun kersen, dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kanker, dan membantu menguatkan sistem imunitas tubuh.

3. Mengobati Luka

Manfaat daun kersen yang selanjutnya adalah membantu mengobati luka. Daun kersen memiliki kandungan yang bersifat antiseptik dan anti inflamasi, yang berfungsi untuk membunuh kuman, dan meredakan peradangan pada luka. Daun kersen bisa dikeringkan terlebih dahulu, kemudian ditumbuk menjadi halus, dan tambahkan air hangat pada tumbukan daun kersen, lalu kompres luka dengan tumbukan tersebut, dan dibantu dengan meminum air rebusan daun kersen setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *