• February 24, 2024

5 Manfaat Temulawak untuk Mencegah Kolesterol dan Kaya Akan Antioksidan

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Pencernaan yang kurang lancar bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti peradangan usus, sembelit dan juga perut buncit. Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat, lalu dinikmati setiap pagi hari saat perut masih kosong, tanpa menggunakan gula. Mengonsumsi temulawak di pagi hari ini, bisa membantu mendetoksifikasi sistem pencernaan, mencegah sembelit, menyembuhkan peradangan di usus dan mencegah penyakit dalam sistem pencernaan yang lainnya.

2. Menyembuhkan Peradangan Virus

Saat seseorang terinfeksi oleh virus atau bakteri, tubuh akan mengalami nyeri peradangan, yang mengakibatkan suhu tubuh menjadi naik atau demam. Peradangan di dalam tubuh ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi temulawak. Temulawak bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan, karena temulawak memiliki kandungan kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Untuk meredakan peradangan, kamu bisa membakar temulawak terlebih dahulu, lalu kupas kulit temulawak dan rebus dengan air, kemudian seduh air temulawak setelah dingin. Mengobati peradangan dengan temulawak tidak akan menimbulkan efek samping untuk tubuh.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Temulawak merupakan rempah-rempah yang memiliki kandungan kaya akan antioksidan. Kandungan senyawa antioksidan dalam temulawak, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit. Senyawa antioksidan juga bisa membantu melindungi sel tubuh, agar tidak rusak karena terkena radikal bebas, yang disebabkan virus, bakteri, polusi, racun dan lain sebagainya. Manfaat temulawak yang bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh ini, bisa didapatkan dengan menyeduh temulawak, dicampur dengan satu sendok teh madu dan perusan lemon atau jeruk nipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *