• March 3, 2024

5 Obat Herbal yang Bisa Menurunkan Kolesterol

1. Bawang Putih (Allium sativum)

Bawang putih adalah salah satu obat herbal yang paling terkenal untuk menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang telah terbukti dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Sahabat Fimela dapat mengonsumsi bawang putih mentah atau dalam bentuk suplemen. Namun, konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengambil suplemen bawang putih, terutama jika sedang minum obat lain.

2. Ekstrak Daun Jati Belanda (Gynura pseudochina)

Ekstrak daun jati belanda telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengelola kolesterol. Studi ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak daun jati belanda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Konsumsi ekstrak ini dalam bentuk suplemen herbal yang dapat ditemukan di toko-toko kesehatan.

3. Daun Teh Hijau (Camellia sinensis)

Daun teh hijau mengandung senyawa bernama katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Selain itu, teh hijau juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *