• March 3, 2024

5 Padanan Makanan untuk Mendapatkan Nutrisi yang Baik Bagi Tubuh yang Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Orang sering bertanya apakah ada makanan yang bisa dikonsumsi pada waktu yang bersamaan? Beberapa orang telah mendengar bahwa mengkombinasikan protein dan karbohidrat pada waktu yang sama dapat menyebabkan penurunan berat badan, tetapi studi yang diterbitkan sekitar 10 tahun yang lalu membantah ide tersebut.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife, Susan Bowerman mengatakan konsep lain seputar kombinasi makanan yang biasa disebut sinergi makanan atau padanan makanan, dengan memperhitungkan bagaimana beberapa makanan menawarkan manfaat nutrisi lebih besar ketika dikonsumsi bersamaan daripada jika dikonsumsi secara terpisah. Pikirkan ini sebagai nutrisi “satu ditambah satu sama dengan tiga”.

Berikut padanan makanan yang baik untuk tubuh. Apa saja?

1. Sayuran yang berwarna dengan sedikit lemak

Banyak buah dan sayuran mengandung senyawa yang disebut karotenoid. Ini adalah pigmen alami yang memberikan warna pada makanan seperti tomat, wortel, dan bayam. Pigmen khususnya disebut lycopene, beta-karoten, dan lutein, secara berurutan.

Karotenoid berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, itulah sebabnya mengapa buah dan sayuran menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Senyawa penting ini larut dalam lemak, yang berarti ketika makan sayuran dengan sedikit lemak, tubuh dapat menyerap lebih banyak karotenoid.

Jadi, menambahkan sedikit lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke salad akan membantu menyerap karotenoid yang terdapat dalam selada romaine, wortel, dan tomat.

2. Vitamin C dengan sayuran dan biji-bijian yang mengandung zat besi

Zat besi hadir dalam dua bentuk yang berbeda. Salah satu bentuk disebut zat besi “heme” yang terdapat dalam ikan, daging, dan unggas, dan lebih mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi “non-heme” yang terdapat dalam makanan nabati.

Ketika mengonsumsi Vitamin C bersama dengan sumber zat besi non-heme, tubuh akan menyerap zat besi lebih baik dan tidak perlu dalam jumlah banyak. Jumlah Vitamin C dalam satu buah jeruk atau satu buah tomat hampir bisa tiga kali lipat penyerapan zat besi. Jadi, tomat dalam kari akan membantu menyerap zat besi dalam kacang.

Stroberi akan membantu menyerap zat besi dalam sereal Anda. Zat besi dalam bayam akan lebih baik diserap jika menambahkan sepotong jeruk ke dalam salad bayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *