• March 3, 2024

5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui

Makanan yang mengandung banyak serat bisa ditemukan di dalam kentang, ubi jalar, beberapa jenis kacang- kacangan, dan gandum. Bahan makanan ini direkomendasikan untuk ibu menyusui karena dapat dijadikan sumber karbohidrat. Oleh karena itu, makanan tersebut dapat memberikan asupan energi yang cukup dan bergizi tinggi untuk tumbuh kembang bayi. 

Tak hanya mengendalikan pola dan kebiasaan makan, Mom juga perlu untuk meminum banyak air putih dan berhati – hati dengan minuman yang terlalu manis. Jika terlalu banyak gula yang dikonsumsi, maka hal tersebut bisa berdampak pada penambahan berat badan. Konsumsi kafein perlu dibatasi karena dapat mengganggu pola tidur bayi dan membuat bayi merasa gelisah. Mom harus membatasi diri untuk tidak minum lebih dari 2 hingga 3 cangkir minuman yang berkafein dalam sehari. 

Suplemen juga dapat dijadikan sebagai komponen penting yang dapat meningkatkan asupan nutrisi selama masa menyusui. Namun, perlu diperhatikan juga untuk memilih suplemen yang aman dan mengandung bahan – bahan yang herbal. 

Dilansir dari Healthline, suplemen yang dapat dicoba, diantaranya yaitu suplemen yang terdiri dari beberapa kandungan tersebut : 

  1. Vitamin B-12 untuk menjaga  kesehatan selama menyusui. Untuk vitamin b-12, sumber makanan lainnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam, daging tuna dan salmon, produk susu, hingga telur. 
  2. Lemak omega-3 dapat berperan dalam perkembangan sistem saraf, kulit, dan mata untuk bayi. 
  3. Vitamin D diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi suplemen, susu, dan sereal, maka imunitas dapat terjaga untuk kesehatan ibu dan bayi.

 

Itu dia beberapa rekomendasi makanan dan tips lainnya yang bisa Mom coba untuk pola makan yang lebih sehat dan bergizi. Beberapa makanan tersebut bisa dipilih untuk mengendalikan berat badan. Supaya lebih sehat, Mom juga bisa memilih suplemen untuk memenuhi sumber vitamin dan mineral. Ingatlah untuk tidak terlalu membatasi makanan dan tetap perhatikan kebutuhan nutrisi untuk ibu dan si buah hati. 

 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *