• February 24, 2024

5 Tanda Kamu Menjalani Diet yang Salah

5. Gangguan siklus menstruasi pada wanita

Tahukah kamu bahwa diet yang tidak sehat juga dapat mengganggu siklus menstruasi, lho. Hal ini disebabkan karena kekurangan nutrisi seperti lemah sehat dan kalori yang dapat mengganggu produksi hormon reproduksi yang penting, seperti estrogen dan progesteron, yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi.

Untuk menjaga keseimbangan antara diet sehat dengan siklus menstruasi, maka kamu perlu menjaga asupan makan yang seimbang dan memastikan asupan nutrisi cukup. Hal ini bisa kamu terapkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral secara rutin. Selain itu, hindari juga melakukan diet ekstrem yang dapat menggangu keseimbangan hormon tubuh.

Pentingnya menjalani diet yang sehat dan seimbang tidak hanya untuk mencapai berat badan yang ideal, tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan yang tepat mengenai diet yang sehat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *