• March 5, 2024

6 Manfaat Kolang Kaling untuk Kolesterol dan Cara Membuatnya

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat mengonsumsi kolang-kaling yang pertama, yaitu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, karena kolang-kaling memiliki kandungan 1,6 gram serat kasar per 100 gram. Serat kasar dalam kolang-kaling ini tidak larut dalam air, sehingga bisa mengatasi penyakit sembelit.

2. Mencegah Osteoporosis

Kolang-kaling bagus dikonsumsi orang yang sudah lanjut usia. Karena kolang-kaling memiliki kandungan 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram. Kandungan tersebut bisa menguatkan masa tulang agar tidak mudah keropos.

3. Mencegah Dehidrasi

Kolang-kaling sering dikonsumsi pada saat buka puasa, karena kolang-kaling bisa membantu menghidrasi tubuh yang dehidrasi setelah seharian berpuasa. Hal ini disebabkan karena kolang-kaling memiliki kandungan kadar air yang tinggi, vitamin dan juga mineral.

4. Baik untuk Diet

Mengonsumsi kolang-kaling sangat bermanfaat untuk orang yang sedang diet. Karena kandungan protein, karbohidrat, serat kasar dan kadar abu di dalam kolang-kaling, bisa membantu perut agar tidak mudah lapar.

5. Mengobati Peradangan Sendi

Kolang-kaling memiliki sifat sebagai antianalgesik, yang bisa digunakan untuk mengobati peradangan sendi. Untuk mengobati peradangan sendi ini, konsumsi kolang-kaling tanpa gula dan pewarna sebanyak 100gram perhari.

6. Menurunkan Kolesterol

Kolang kaling mengandung serat makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu mengikat kolesterol berlebih dalam tubuh dan membuangnya melalui buang air besar. Ini dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *