• March 5, 2024

8 Aktivitas yang Dapat Meningkatkan IQ

Dilansir dari healthline.com, terdapat beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan IQ karena membantu penalaran, perencanaan, pemecahan masalah, dan lainnya meningkat pada diri kamu.

Aktivitas memori

Kegiatan memori dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan bahasa. Banyak permainan yang melibatkan permainan kata dan angka sehingga dapat meningkatkan memori kerja dan keterampilan penalaran seseorang. Dari hal tersebut, berarti kegiatan memori dapat mengembangkan kecerdasan. Kegiatan yang dapat kamu lakukan seperti teka-teki silang, permainan kartu konsentrasi, pencocokan kartu, atau sudoku. 

Kegiatan kontrol eksekutif

Kontrol eksekutif merupakan kemampuan untuk mengontrol aktivitas kognitif yang kompleks, seperti penalaran mental dan pemecahan masalah, seperti membuat keputusan, mengarahkan perhatian, dan mengatur serta mengelola tugas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa fungsi eksekutif sangat terkait dengan penalaran cair. Kegiatan yang melibatkan pelatihan kontrol eksekutif yaitu scrabble, pictionary, lampu merah dan lampu hijau, serta brainteasrers. 

Kegiatan penalaran visuospasial 

Penalaran visuospasial melibatkan proses mental yang berkaitan dengan representasi fisik seperti membaca dan menafsirkan peta. Dalam satu studi, ditemukan bahwa meningkatkan penalaran visuospasial dapat memberikan peningkatan pada skor tes IQ. Kamu dapat melakukan kegiatan seperti labirin, game datau tes IQ online, dan lainnya yang melibatkan pelatihan visual dan spasial. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *