• March 5, 2024

Apa Penyebab Gula Darah Rendah? Simak Penjelasannya di Sini

Bila kamu mengidap diabetes, tubuh kamu mungkin tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup (diabetes tipe 1) atau tubuh mungkin tidak bisa menggunakan insulin dengan baik (diabetes tipe 2). Akibatnya, glukosa cenderung menumpuk di aliran darah dan bisa mencapai kadar yang sangat tinggi. 

Cara mengatasi kondisi tersebut dengan menggunakan insulin atau obat lain untuk menurunkan kadar gula darah rendah. Namun, menggunakan terlalu banyak insulin atau obat diabetes lainnya bisa menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah, sehingga akhirnya menyebabkan hipoglikemia. Pengidap diabetes juga bisa mengalami hipoglikemia bila makan lebih sedikit dari biasanya setelah minum obat diabetes, atau bila berolahraga lebih keras dari biasanya.

2. Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi obat diabetes oral orang lain secara tidak sengaja bisa menyebabkan gula darah rendah. Selain itu, obat-obatan lain juga bisa menyebabkan hipoglikemia, terutama pada anak-anak atau pada pengidap gagal ginjal. Salah satu contoh obat tersebut adalah kina (Qualaquin) yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

3. Minum Alkohol Berlebihan

Minum banyak alkohol tanpa mengonsumsi makanan bisa menghalangi organ hati melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *