• March 1, 2024

Apakah Asam Urat Bisa Sembuh Total? Intip Penjelasannya!

Asam urat merupakan penyakit yang bisa mengganggu kegiatanmu sehari-hari. Bagaimana tidak? Bagian persendian biasanya akan terasa sangat nyeri ketika penyakit asam urat mengalami kambuh. Dengan berbagai pengobatan, apakah asam urat bisa sembuh, ya? Temukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal urat pada persendian. Adanya kristal urat ini menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat di bagian sendi seperti lutut dan jari tangan. Penumpukan kristal urat dikarenakan tubuhmu memiliki uric acid yang tinggi di dalam aliran darah.

Sebenarnya, uric acid merupakan zat alami yang dihasilkan oleh tubuh. Uric acid akan muncul saat memecah zat purin yang juga berasal dari tubuhmu. Dalam kondisi normal, uric acid bisa hilang sendirinya dengan larut ke dalam darah, melewati ginjal, lalu keluar lewat urin.

Di sisi lain, zat purin juga muncul dalam makanan yang kamu konsumsi. Contoh makanan tinggi purin adalah daging merah, jeroan, ikan teri, sarden, kerang, serta minuman beralkohol. Konsumsi makanan tinggi purin secara berlebihan membuat kristal urat jadi menumpuk, sementara ginjal hanya mengeluarkan uric acid dalam jumlah sedikit. Makanan tinggi purin inilah yang menyebabkan penyakit asam urat.

Kristal urat yang menumpuk memiliki sensasi tajam seperti jarum di jaringan sendi. Akibatnya, penderita asam urat akan mengalami nyeri, sakit, peradangan, dan pembengkakan di bagian sendi. Dibutuhkan pemeriksaan asam urat untuk mendeteksi apakah kadar asam urat berada di batas normal atau tidak.

Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Sembuh Total?

Sayangnya, asam urat tidak bisa disembuhkan. Begitu seseorang mulai mengidap penyakit asam urat, maka kondisi tersebut akan melekat dengannya di seumur hidup.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menyebutkan untuk saat ini tidak ada obat yang mampu mengobati asam urat. Berbagai obat yang tersedia hanya berguna untuk mengurangi frekuensi dan tingkat rasa sakit di persendian saat asam urat kambuh.

Mengatasi Asam Urat Kambuh

Asam urat yang mendadak kambuh bisa diatasi. Berikut beberapa cara untuk menurunkan asam urat yang bisa kamu lakukan:

  1. Gunakan kompres dingin untuk mengompress bagian sendi yang nyeri. Bungkus es dengan handuk tipis dan oleskan ke sendi selama 20 menit dalam beberapa kali sehari. Namun, jangan gunakan metode ini jika kamu memiliki masalah saraf akibat diabetes atau penyebab lainnya.
  2. Selanjutnya, kamu dapat mengistirahatkannya bagian sendi sampai rasa sakit mereda. Angkat sendi di atas bantal atau benda lunak lainnya.
  3. Minum air putih yang cukup. Bila kamu kurang minum air, kadar asam urat naik lebih tinggi lagi.
  4. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter.

Tips Agar Asam Urat Tidak Sering Kambuh

Walau tidak bisa disembuhkan, penderita penyakit asam urat masih bisa hidup tenang dan mengurangi risiko asam urat kambuh. Untuk selengkapnya, perhatikan tips di bawah ini:

1. Hindari Makanan Tinggi Purin

Makan makanan dengan kandungan purin bisa membuat asam urat sering kambuh. Contoh makanan dengan purin tinggi adalah asparagus, kacang polong, bayam, daging merah dan jeroan.

2. Jangan Minum Minuman Beralkohol

Riset mengemukakan jika minum minuman beralkohol dapat meningkatkan purin dalam tubuh. Jadi, ada baiknya kamu menghindari minuman beralkohol meski dalam jumlah rendah.

3. Batasi Makanan dan Minuman Mengandung Gula

Beberapa contoh makanan dan minuman tinggi gula yang ada disekitarmu adalah minuman bersoda dan camilan. Penelitian menunjukkan penyerapan gula rafinasi berjalan lebih cepat yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar gula darah serta asam urat. Usahakan selalu baca label nutrition facts pada kemasan makanan dan minuman sebelum mengkonsumsinya, ya!

4. Olahraga Secara Rutin

Menjaga berat badan tetap ideal dengan olahraga dapat mengurangi risiko asam urat. Pilihan olahraga yang mudah dilakukan penderita asam urat adalah berjalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Apakah asam urat bisa sembuh? Jawabannya, tidak ada cara sembuh dari asam urat. Ubahlah pola hidup dan rutin melakukan pemeriksaan agar risiko asam urat kambuh semakin kecil.

Lakukan cek asam urat di Bumame, yuk! Kamu bisa mengunjungi cabang Bumame terdekat atau menjalani pemeriksaan lewat layanan Home Care. Hidup sehat pun jauh lebih mudah berkat Bumame.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *