• February 24, 2024

Apakah Edamame Bisa Menurunkan Kolesterol? Cari Tahu Penjelasannya

Salah satu manfaat utama edamame adalah menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Fitoestrogen yang terkandung dalam edamame memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. Dengan cara ini, edamame dapat membantu meningkatkan profil lipid darah, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, serat yang terkandung dalam edamame juga memiliki peran penting dalam mengelola kolesterol. Serat membantu mengikat kolesterol dalam usus, sehingga mengurangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Edamame tidak hanya membantu mencegah kolesterol dari makanan yang dikonsumsi, tetapi juga membantu mengeluarkan kolesterol yang ada dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Archives of Internal Medicine” menunjukkan bahwa konsumsi kedelai, termasuk edamame, secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL secara signifikan. Studi lain yang diterbitkan dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa konsumsi isolat protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mengubah kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *