• March 3, 2024

Ask The Expert: 8 Fakta Mengenai Susu yang Penting untuk Anak, Dewasa, Hingga Lansia

Benarkan susu hanya baik untuk tulang dan gigi? Yuliana mengatakan memang komponen paling besar dari susu kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi karena susu juga mengandung fosfor. 

Namun, susu juga mengandung lemak, vitamin dan mineral. Akhirnya mengandung asam, susu bisa bersifat sebagai antioksidan, antiflamasi dsb.  Beberapa penelitian terakhir kita mendapatkan bahwa susu bisa mencegah penyakit kronis serta mencegah obesitas. 

“Jadi tergantung pada takarannya, manfaatnya, juga indikasinya aja sebenarnya,” katanya. 

2. Susu Tidak Hanya untuk Anak dan Lansia

Banyak yang menganggap susu hanya untuk anak-anak atau lansia. Banyak yang berusia produktif dan menyepelekan tentang susu. Padahal, Yuliana mengatakan bila susu juga dikonsumsi di usia produktif akan membuat tubuh tidak mudah lemah dan  akan membuat wajah glowing karena susu memiliki antioksidan . 

“Kalau ngga minum susu merasa agak lemah, produktivitas akan berkurang sekali karena mungkin dia tidak konsumsi yang lainnya pengganti susu. Jadi agak lemas kan kalo kita bilang. Jadi kurang glowing karena antioksidannya tidak ada, dsb. Karena seperti yang saya katakan, bukan hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi tapi efeknya sangat banyak,” paparnya. 

3. Susu untuk anak di atas 2 tahun

Yuliana menyampaikan memang pada anak usia 0 – 2 tahun harus ASI tapi satu kuncinya, walaupun pada ASI tapi kita harus tekankan pertumbuhan anak harus pada kurvanya. Jadi kalau misal ASI, kurva anak tidak sesuai, itu harus ditambah susu formula atau bahan makanan lain pendamping ASI. 

Nah kalau misalnya, susu seperti apa yang harus dipakai setelah menggantikan ASI sebenernya kita memiliki banyak merk atau komposisi susu yang bisa kita gunakan. Seperti susu bubuk. Kemudian pada anak di usia atas 2 tahun bisa saja menggunakan susu UHT, tergantung kenyamanan dari anak. 

Kemudian di atas 2 tahun sudah dengan makanan pendamping, di atas 1 tahun bahkan. Sudah dengan bahan makanan pendamping lainnya. Artinya susu sudah tidak menjadi komponen yang utama tapi dia bisa menjadi penambah yang sangat baik.

“Untuk susu UHT apapun rasanya, berbalik kembali pada kenyamanan anak tadi. Dan yang pasti setelah minum susu kalau dia efek dengan yang rasa dan sebagainya, minum air putih setelah susu pasti akan prefer lagi,” katanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *