• December 3, 2023

Batas Normal Kolesterol untuk Perempuan: Menjaga Kesehatan Jantung dan Gaya Hidup yang Seimbang

1. Genetik

Riwayat keluarga dapat berperan besar dalam menentukan kadar kolesterol seseorang. Jika ada anggota keluarga dengan kadar kolesterol tinggi atau riwayat penyakit jantung, maka akan meningkatkan kadar kolesterol. Ada baiknya untuk rutin cek kadar kolesterol.

2. Pola Makan

Diet tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan gula dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Sebaliknya, diet tinggi serat, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat seperti yang ditemukan dalam alpukat dan ikan berlemak dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Mulailah hidup sehat untuk menjaga kolesterol tetap seimbang.

3. Aktivitas Fisik

Olahraga teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Sehingga membantu membersihkan arteri dari lemak. Di sisi lain, kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan kolesterol LDL.

4. Usia

Kadar kolesterol biasanya meningkat seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, penting untuk memantau kolesterol secara rutin, terutama saat memasuki usia yang lebih tua.

5. Berat Badan

Orang yang overweight atau obesitas cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Kenaikan berat badan ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Seseorang yang obesitas bisa mengalami sakit jantung hingga diabetes tipe 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *