• March 1, 2024

Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Sikat gigi merupakan bagian sangat penting dari menjaga kesehatan mulut. Jangan sampai dilewatkan karena banyak alasan mengapa sikat gigi itu sangat penting.

Selain untuk menghilangkan bakteri pada gigi dan gusi, rutin menyikat gigi dapat mencegah dari beberapa penyakit, seperti radang gusi dan karies gigi. Tidak hanya untuk kesehatan saja, kamu akan lebih percaya diri jika aroma napas mu segar setelah menyikat gigi menggunakan odol.

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Banyak sekali pertanyaan bolehkah menyikat gigi saat puasa? Jawabannya adalah boleh.

Saat berpuasa, perawatan gigi dan mulut masih harus dilakukan seperti biasa. Dikutip dari Alvi Dental, kemungkinan batal puasa sangat kecil karena rasa manis pasta gigi atau tertelan. Meskipun tidak ada makanan atau minuman yang masuk selama berpuasa, bukan berarti tidak perlu sikat gigi.

Justru, selama puasa jumlah bakteri pada mulut cenderung meningkat karena sisa-sisa makanan sahur yang masih ada di sela-sela gigi, maka dari itu menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi lebih penting.

Masih banyak cara salah yang diterapkan oleh sebagian orang, alhasil dapat membuat kerusakan pada gigi dan gusi. Perhatikan baik-baik cara yang benar menyikat gigi untuk menjaga kesehatan dan kesegaran mulut.

1. Menyikat gigi sebelum sahur

Sebelum memulai puasa, disarankan untuk menyikat gigi sebelum sahur, guna untuk membersihkan gigi dan mulut dengan baik sebelum memulai waktu puasa dengan tidak makan dan minum selama hampir 12 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *