• March 3, 2024

Berbagai Penyebab Munculnya Benjolan di Pergelangan Tangan yang Perlu Diketahui

1. Lipoma

Lipoma adalah benjolan lemak yang terkumpul di antara lapisan kulit dan otot. Meski bisa muncul di bagian tubuh mana pun, benjolan ini paling sering ditemukan pada area leher, bahu, ketiak, termasuk di pergelangan tangan.

Salah satu penyebab benjolan pergelangan tangan ini sering kali tanpa gejala, sehingga mungkin tidak diketahui. Beberapa karakteristik lipoma yang membedakannya dari benjolan lain adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhannya sangat lambat
  • Konsistensinya kenyal
  • Mudah digoyangkan
  • Serupa dengan warna kulit sekitarnya

Saat ini tidak ada pengobatan khusus yang diketahui untuk lipoma. Jika lipoma membesar atau menyebabkan ketidaknyamanan, ada berbagai pilihan pengobatan yang tersedia, termasuk operasi pengangkatan lipoma.

2. Kista ganglion

Kista ganglion adalah penyebab umum benjolan pada pergelangan tangan. Kista ganglion dapat terbentuk di sepanjang tendon dan sendi pergelangan tangan, yang menghasilkan benjolan. Kista ganglion dapat ditemukan di bagian tubuh lain, seperti kaki, terutama pergelangan kaki, selain di pergelangan tangan. Ukuran kista ganglion dapat bervariasi, mulai dari seukuran kacang polong hingga sebesar bola golf.

Kista ganglion dapat dikenali dari ciri-ciri berikut:

  • Berbentuk bulat atau lonjong
  • Ukuran bisa berubah, semakin membesar seiring waktu dan pergerakan sendi
  • Tidak menimbulkan rasa sakit saat disentuh

Kista ganglion sering kali sembuh secara alami dan biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika kista ganglion menyebabkan rasa sakit dan mengganggu aktivitas, dokter dapat memilih untuk mengeringkan cairan atau mengangkat kista melalui pembedahan.

3. Kutil

Kondisi lain yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di pergelangan tangan adalah kutil. Kutil biasanya disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) pada kulit. Virus penyebab kutil dapat ditularkan dengan mudah melalui kontak langsung dengan kulit yang terluka atau benda-benda yang terkontaminasi virus HPV.

Berikut adalah ciri-ciri benjolan di pergelangan tangan akibat kutil:

  • Benjolan kecil dan seperti daging
  • Memiliki titik-titik hitam yang terlihat seperti biji
  • Memiliki tekstur kasar

Sebagian besar kutil akan sembuh tanpa pengobatan. Pengobatan penting dilakukan, terutama jika kutil meluas ke area tubuh lain dan menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satu pilihan pengobatan adalah dengan mengoleskan salep yang mengandung asam salisilat, serta mempertimbangkan cryosurgery atau operasi pengangkatan kutil.

4. Kista epidermoid

Kista epidermoid adalah kemungkinan penyebab benjolan di pergelangan tangan. Kista terbentuk akibat sel-sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit, yang mengakibatkan tumbuhnya benjolan. Kista epidermoid dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk kulit kepala, wajah, leher, pergelangan tangan, punggung, dan area genital.

Secara fisik, kista epidermoid ini bisa dikenali dengan mengamati ciri-cirinya, seperti:

  • Benjolannya memiliki komedo hitam di puncak benjolan.
  • Jika mengalami peradangan, area di sekitar kista epidermoid bisa menjadi kemerahan dan bengkak.
  • Bila pecah, kista epidermoid akan mengeluarkan cairan kental berwarna kuning yang berbau tak sedap.

Walaupun sebagian besar kista epidermoid tidak membutuhkan penanganan khusus, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter bila kista epidermoid yang kamu miliki semakin membesar, mengganggu penampilan, bahkan pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *