• March 3, 2024

Cek Batas Normal Kolesterol untuk Laki-Laki dan Perempuan untuk Mencegah Sakit Jantung

Fimela.com, Jakarta Penting untuk memahami kadar kolesterol normal untuk laki-laki dan perempuan. Kolesterol terbagi dalam beberapa bentuk, yaitu Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL). LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat mengendap di dinding arteri dan membentuk plak yang menyumbat aliran darah. Sebaliknya, HDL disebut sebagai kolesterol baik karena membantu mengangkut kolesterol dari dinding arteri kembali ke hati untuk dikeluarkan.

Kolesterol memiliki fungsi sebagai pembentukan sel dan struktur seluler, produksi hormon steroid, produksi vitamin D, memproduksi asam empedu dalam hati, dan lapisan pelindung di sekitar serat saraf. Kolesterol memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kolesterol juga memiliki peran penting untuk kesehatan otak.

Terlalu banyak kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Yuk cek batas normal kolesterol untuk laki-laki dan perempuan berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *