• March 5, 2024

Fungsi Ginjal: Pengertian, Gangguan, Pencegahan, dan Pengobatan

Tahukah kamu bahwa ginjal memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh? Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh dan berfungsi untuk menyaring senyawa racun dari darah. Maka dari itu penyakit atau gangguan yang berkaitan dengan fungsi ginjal menjadi salah satu masalah kesehatan yang patut diwaspadai. Cari tahu lebih dalam terkait fungsi dan gangguan ginjal bersama Bumame di sini! 

Apa fungsi ginjal?

Ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai organ ekskresi (mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh). Macam-macam fungsi ginjal secara lengkap, yaitu:

  1. Menyaring darah

Ginjal berfungsi untuk menyaring senyawa racun dari dalam darah. Proses penyaringan ini menghasilkan zat sisa dan kelebihan cairan yang dikeluarkan melalui urine. 

  1. Menyaring dan membuang limbah

Selain menyaring darah, ginjal juga berfungsi untuk menyaring dan membuang limbah atau kotoran seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah yang mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein). Limbah yang menumpuk dalam tubuh berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. 

  1. Mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh 

Fungsi ginjal selanjutnya adalah untuk memastikan jaringan tubuh menerima air yang cukup agar dapat berfungsi dengan optimal. 

  1. Mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah

Ginjal memproduksi enzim renin (enzim yang berperan untuk pencernaan protein) dalam mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah. 

  1. Mengatur sel darah merah

Saat tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin atau hormon yang merangsang produksi sel darah merah yang mampu membawa oksigen lebih banyak. Jika kadar oksigen atau sel darah merah sudah normal, eritropoietin akan berhenti diproduksi. 

  1. Mengatur keseimbangan asam basa (pH) darah

Fungsi penting dari ginjal adalah untuk memastikan bahwa pH darah tetap normal. Keseimbangan pH darah wajib dipertahankan sehingga proses metabolisme sel dalam tubuh bisa berjalan dengan optimal. Ukuran pH darah yang normal, yaitu 7,35-7,45. 

  1. Menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit 

Ginjal juga memiliki peran untuk menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, dan kalsium. Sementara elektrolit berperan untuk membantu aktivitas sel dan jaringan tubuh seperti saraf dan otot. 

Baca Juga: Apa Itu Gagal Ginjal Kronis dan Akut?

Penyakit dan gangguan ginjal

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, berbagai risiko masalah kesehatan akan muncul dan menyebabkan kondisi yang bisa membahayakan bagi tubuh. Beberapa penyakit dan gangguan ginjal yang umum terjadi, yaitu: 

  1. Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit ginjal yang paling serius. Biasanya gagal ginjal kronis terjadi karena ginjal tidak mampu lagi menyaring kotoran dan tidak bisa mengendalikan jumlah air, garam, dan kalsium dalam darah. 

  1. Gagal ginjal akut 

Gagal ginjal akut merupakan kondisi saat terjadi kerusakan pada organ ginjal secara mendadak. Gagal ginjal akut terjadi saat adanya penumpukan limbah metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan atau diekskresikan dengan optimal. 

  1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan kondisi saat terdapat endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada pada urine. Orang-orang lebih mengenal batu ginjal dengan sebutan kencing batu. Umumnya, endapan keras memiliki ukuran kecil hingga mencapai beberapa inci. 

  1. Kista ginjal 

Kista ginjal merupakan suatu kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal dan bisa menyebabkan masalah yang serius bagi organ ginjal.

  1. Glomerulonefritis 

Glomerulonefritis adalah kondisi saat ginjal mengalami peradangan. Organ ginjal memiliki filter yang terdiri atas pembuluh darah kecil dan bertugas menyaring darah saat ada kelebihan cairan, elektrolit, dan limbah.

Baca Juga: Imbauan Ikatan Dokter Anak Indonesia Tentang Gagal Ginjal Akut!

Pencegahan dan pengobatan 

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya gangguan pada ginjal: 

  • Rajin beraktivitas fisik & berolahraga agar badan tetap bugar 
  • Menjaga kadar gula darah tetap normal 
  • Menjaga tekanan darah tetap normal
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Minum air putih yang cukup minimal 8-10 gelas setiap hari 
  • Hindari konsumsi alkohol dan rokok 
  • Tidak mengonsumsi obat anti nyeri dalam jangka waktu yang lama tanpa anjuran dokter 

Sementara itu, untuk pengobatan penyakit ginjal sendiri, harus dilakukan berdasarkan kondisi pasien dan sesuai dengan petunjuk dokter. Namun beberapa jenis pengobatan yang biasa dilakukan, yaitu: 

Terapi obat-obatan untuk penyakit ginjal ada beberapa macam, di antaranya obat pengontrol darah tinggi, obat untuk mengontrol kadar kalium, obat untuk mengatasi infeksi bakteri pada organ ginjal, obat diuretik untuk menyeimbangkan cairan, dan lain sebagainya. Pemberian obat-obatan harus sesuai dengan anjuran dokter.

Selain pemberian obat-obatan, perubahan pola hidup juga wajib dilakukan. Beberapa hal yang perlu dilakukan, di antaranya mengurangi konsumsi garam dan gula, memperbanyak minum air putih, membatasi konsumsi alkohol dan berhenti merokok, hingga memperbanyak waktu berolahraga. 

Bagi pasien dengan ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik, cuci darah menjadi salah satu tindakan yang dapat dilakukan. Cuci darah adalah prosedur medis untuk menggantikan fungsi ginjal dalam menyaring darah dan membuang racun dalam tubuh. 

Prosedur operasi yang dilakukan untuk menangani penyakit ginjal, diantaranya operasi pengangkatan kista ginjal, operasi pengangkatan batu ginjal, dan operasi transplantasi ginjal. 

Baca Juga: Simak Gejala Gagal Ginjal Akut yang Umum Terjadi!

Harga pemeriksaan fungsi ginjal 

Kamu bisa melakukan pemeriksaan fungsi ginjal meliputi ureum, kreatinin, asam urat, urine rutin, dan beberapa tes kesehatan lain yang diperlukan sesuai anjuran dokter. Pemeriksaan fungsi ginjal dengan layanan Medical Check Up tersedia di Bumame. Bisa dilakukan dari rumah dengan layanan Home Care dan gratis biaya transportasi serta konsultasi dokter dan pembacaan hasil Medical Check Up untuk penanganan yang lebih tepat dan cepat. Medical Check Up Bumame tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Harga pemeriksaan fungsi ginjal sebesar Rp 290.000. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Customer Care Bumame.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *