• February 24, 2024

Intip Cara Bikin Permen Jelly Sehat dari Labu Kuning

Hai Sahabat Sehat! Siapa nih yang sudah pernah makan labu kuning? Labu kuning ini memang tidak sepopuler buah lain, seperti pisang, melon, semangka dan lain sebagainya. Padahal labu kuning memiliki kandungan gizi yang baik, loh.

Nah supaya lebih diminati, kamu bisa mengolahnya menjadi permen jelly. Permen menjadi salah satu camilan yang banyak disukai dan jenisnya pun beragam. Permen jelly memiliki tekstur kenyal dan cukup elastis sehingga termasuk permen kunyah. Simak yuk cari tahu apa saja manfaat permen jelly labu kuning bagi kesehatan dan bagaiamana sih cara membuatnya!

permen jelly labu kuning
Foto: Pexels.com

Manfaat Permen Jelly Labu Kuning

Permen jelly yang berbahan dasar buah atau sayuran memiliki keunggulan dalam hal kandungan gizi jika dibandingkan dengan produk komersial yang hanya mengandalkan perisa arifisial sebagai penambah rasa. Labu kuning punya banyak kandungan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin A, C, dan E, serta mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Juga, mengandung karotenoid yang memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, anti kanker dan anti diabetes.

Selain kandungan gizinya yang menguntungkan, labu kuning juga dapat memberikan warna alami yang cantik pada permen jelly yang akan kamu buat. Warna kuning dari daging buahnya bisa digunakan sebagai substitusi pewarna alami dalam proses pengolahan makanan.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Bahan yang dibutuhkan antara lain labu  kuning, air, agar-agar, gula pasir, garam. Sedangkan, alat yang digunakan antara lain panci, kompor, blender, dan loyang. Tahapan pembuatannya, bisa diawali dengan mengupas labu kuning, kemudian kukus sampai matang. Selanjutnya, haluskan labu kuning yang sudah dikukus menggunakan blender.

labu kuning
Foto: Pexels.com

Setelah halus, campurkan labu kuning dengan semua bahan lainnya, seperti air, agar-agar, gula pasir, dan garam dalam sebuah panci kemudian panaskan hingga mendidih. Setelah adonan mendidih, tuangkan adonan ke dalam loyang dan biarkan hingga adonan mengeras. Bila adonan sudah mengeras, kamu bisa membentuk dan memotong permen jelly sesuai keinginan. Selanjutnya, jemurlah di bawah terik matahari selama 3 hingga 4 hari hingga keluar kristal gulanya. Nah, kalau sudah begini permen jelly labu kuning siap untuk dinikmati.

Sahabat Sehat, dengan memanfaatkan labu kuning untuk menciptakan permen jelly yang sehat dan lezat, kamu bukan hanya menghadirkan permen enak, tetapi juga memberikan asupan gizi yang berharga bagi tubuh. Namun, tetap perhatikan jumlah konsumsinya ya, karena permen ini memiliki kandungan gula yang ngga sedikit.

Referensi

Herosian, Mila, Muhammad Agung. 2022. Pembuatan Permen Jelly Berbahan Dasar Labu Kuning. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira). Vol.2, No.1,2022

Insani, Dedy. Netti Hirawati, Evy Rossi. 2017. PEMANFAATAN LABU KUNING DALAM PEMBUATAN PERMEN JELLY DENGAN PENAMBAHAN RUMPUT LAUT. Jom FAPERTA Vol. 4 No. 2 Oktober 2017

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *