• March 3, 2024

Jangan Panik Dulu, Ini Tips yang Bisa Dilakukan Saat Anak Terserang Batuk dan Pilek

Fimela.com, Jakarta Bagi anak-anak, batuk dan pilek menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami. Dalam satu tahun saja, gejala batuk dan pilek ini bisa dirasakan setidaknya satu kali atau bahkan lebih. Sayangnya, sang buah hati yang sedang terserang batuk dan pilek nggak jarang bisa membuat para ibu menjadi panik. Padahal jika terlalu panik, ibu malah nggak bisa berpikir dengan jernih dan memberikan penanganan yang tepat bagi si kecil. 

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk berpikir dan bertindaklah dengan tenang dulu. Setelah itu, lakukan penanganan mandiri yang bisa dilakukan di rumah dengan menerapkan beberapa tips mudah ini. Apa saja itu? 

Cukupi Cairan Si Buah Hati

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencukupi kebutuhan cairan sang buah hati. Air yang diminum oleh anak saat sedang sakit akan membantu tubuh untuk melawan penyakit dan menjaga saluran pernapasan agar tetap lembap. Sebagai saran, ibu bisa memberikan air hangat untuk si kecil sebagai salah satu obat alami yang bisa meredakan gejala sakit yang dirasakan. Selain itu, air hangat ini juga mampu melegakan sakit tenggorokan jika dibandingkan dengan air dingin.

Pastikan Anak Tidur dengan Cukup

Anak yang sedang mengalami batuk dan pilek sangat disarankan untuk tidur dengan waktu yang cukup. Beristirahat dengan baik akan membuat imun si kecil bekerja dengan maksimal dalam melawan kuman dan bakteri yang menyerang tubuh. Terlebih, tidur juga akan membuat anak menjadi lebih segar dan berenergi ketika sudah bangun nantinya.

Jaga Kelembapan Ruangan

Menjaga kelembapan ruangan tempat si kecil beristirahat juga wajib dilakukan. Untuk satu ini, ibu bisa menempatkan humidifier atau pelembap udara di dalam kamar istirahat anak. Semprotan uap yang berasal dari humidifier ini akan bisa membantu saluran pernapasan anak tetap lembap dan juga mengencerkan dahak yang menyangkut di tenggorokan.

Beri Si Kecil Obat Batuk Herbal

Dalam mengatasi gejala batuk dan pilek yang sedang dialami oleh sang buah hati, ibu juga memerlukan obat batuk khusus anak yang dilengkapi dengan bahan-bahan herbal pilihan. Obat batuk herbal ini berkhasiat untuk melegakan tenggorokan si kecil serta membuat gejala batuk dan pilek yang dirasakan semakin berkurang. Untuk penggunaanya sendiri, ibu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui dosis dan waktu yang tepat untuk meminumkan obat tersebut ke anak.

Bagaimana ibu, tips yang ada di atas sangat mudah untuk diterapkan bukan? Jadi, nggak perlu panik lagi deh kalau sewaktu-waktu anak mengalami batuk dan pilek. Jangan lupa dicoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *