• March 3, 2024

Kenali Gigi Bungsu, Gigi yang Baru Tumbuh di Usia Dewasa

Jika terjadi impaksi gigi lebih baik segera periksakan pada dokter. Lebih cepat diperiksakan, maka akan lebih cepat pula diobati.

Pengobatan impaksi gigi tergantung pada posisi gigi yang terdampak dan keparahan kondisinya. Jika impaksi gigi tidak menimbulkan gejala, dokter umumnya akan meminta pasien untuk menjalani kontrol secara rutin.

Jjika impaksi gigi menimbulkan gejala, dokter akan melakukan beberapa tindakan berikut:

1. Cabut gigi

Prosedur cabut gigi dapat dilakukan jika pasien mengalami gejala impaksi gigi, seperti nyeri atau bau mulut. Perlu diingat bahwa pencabutan gigi hanya bisa dilakukan pada gigi yang impaksi sebagian.

2. Operasi ekstraksi gigi

Jika impaksi gigi terjadi menyeluruh, dokter akan menyarankan operasi ekstraksi gigi. Pada operasi ini, dokter akan membuat sayatan pada gusi untuk mencabut gigi yang terkena impaksi. Setelah gigi tercabut, dokter akan menjahit kembali sayatan tersebut dan menutupnya dengan kain kasa.

Setelah memberikan penanganan di atas, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri, seperti asam mefenamat. Jika diperlukan, dokter juga akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *