• March 1, 2024

Manfaat dan Tips Efektif Baca Buku Self-Improvement

Membaca adalah aktivitas menyenangkan dan bermanfaat jika dinikmati. Saat ini, buku self-improvement sedang populer, karena banyak orang yang memerlukan motivasi diri, kepercayaan diri, dan tips menjalani kehidupan. Buku pengembangan diri memberikan stimulasi untuk melakukan berbagai perubahan demi kehidupan lebih baik.

Kini, buku self-improvement dikemas secara menarik dan mudah dipahami. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa Sahabat Sehat coba supaya hasil dari membaca buku tersebut leih maksimal.

membaca buku
Foto: Pexels.com

Manfaat Buku Self-Improvement

Membaca buku umumnya menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang. Akan tetapi, membaca sangat baik jika dijadikan kebiasaan. Buku self-improvement dapat membuatmu mempunyai kontrol diri yang baik. Hal tersebut terbukti dengan berbagai manfaat di bawah ini.

Lebih Memahami Diri Sendiri

Salah satu manfaatnya adalah kamu lebih memahami diri sendiri, seperti mengetahui kelebihan dan kekurangan. Kamu juga memahami karakter dan potensi diri yang dapat dikembangkan. Dengan demikian, kamu berdamai dengan diri sendiri dan menjalani hari dengan bahagia.

Mengatasi Cemas dan Stres

Menurut sebuah penelitian di Journal of College Teaching and Learning, kebiasaan membaca buku setidaknya 30 menit setiap harinya bisa membantu menurunkan frekuensi detak jantung, tekanan darah, dan stres. Dengan membaca buku self-improvement, pikiran dan hati menjadi tenang karena terisi kalimat atau nasihat yang membuatmu rileks. Secara perlahan, semua itu membuatmu menerima segala hal dan mulai bangkit menyelesaikan setiap persoalan penyebab cemas atau stres.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri meningkat seiring membaca buku self-improvement. Bagaimana tidak, bacaan ini memberikan keyakinan dan motivasi. Terdapat pula buku dengan ringkasan pembahasan dan tips yang membangun kepercayaan diri. Kamu bisa membaca buku tentang cara menghilangkan insecurity, overthinking, dan negative thinking. Fokuslah pada kemampuan diri dan cobalah membangun potensi serta relasi.

Meningkatkan Kualitas Diri

Berawal dari memahami diri sendiri, buku self-improvement membuatmu berani menggali potensi diri dan menumbuhkan kemauan untuk produktif. Banyak tema self-improvement yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti meningkatkan potensi diri, menjalin relasi, menghadapi lingkungan baru, dan berbagai hal lainnya.

Membantu Mengontrol Emosi dan Menentukan Sikap

Kemampuan mengontrol emosi sangat diperlukan agar terhindar dari berbagai hal negatif. Mengontrol emosi berarti mengontrol respon terhadap sesuatu. Dengan bersikap tenang dan meredam emosi, kamu bisa menentukan sikap positif untuk menghadapi berbagai hal. Dalam buku self-improvement, banyak dijelaskan bahwa emosi bisa dikendalikan oleh kekuatan pikiran yang akhirnya membentuk kontrol diri dan mengarah pada kecerdasan emosi.

membaca buku self improvement
Foto: Pexels.com

Tips Efektif Baca Buku Self-Improvement

Pernahkah kamu melihat seseorang membaca buku hingga lupa waktu? Buku self-improvement yang berisi petuah, motivasi, bahkan tips, bisa membuat pembaca menemukan apa yang dicari. Saat proses membaca, otak dipenuhi dopamine rush yang menciptakan perasaan senang.

Dalam kasus buku self-improvement, kamu akan terlampau lega seperti telah melakukan banyak hal jika terlalu banyak membaca buku tersebut. Oleh karena itu, diperlukan tips efektif supaya yang kamu dapatkan bukan hanya pemahaman, melainkan juga mampu mengaplikasikannya.

Tips pertama, pilihlah buku self-improvement yang sesuai kebutuhan. Saat kamu memerlukan motivasi untuk mencapai kesuksesan, carilah buku tentang mengubah kebiasaan buruk, berpikir positif, fokus pada diri sendiri, dan lain sebagainya yang berkaitan. Kesesuaian ini membuatmu tertarik menerapkannya.

Tips kedua, nikmatilah waktu membaca agar kamu lebih memahami isi buku dan merasakan pentingnya menerapkan itu semua. Ketiga, pilihlah tempat yang mendukung untuk membaca nyaman, sehingga bisa berkonsentrasi penuh. Keempat, hindari membaca buku saat lelah atau emosi karena tidak sepenuhnya dapat memahami isi buku atau bahkan bisa merasa disentil, sehingga tidak baik untuk kondisimu setelahnya.

Itulah alasan mengapa membaca buku self-improvement sangat dibutuhkan. Berbagai tips di atas juga bermanfaat untuk mengarahkan membaca buku pengembangan diri secara efektif. Kamu bisa menikmati aktivitas ini dengan menyisihkan waktu luang yang santai.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *