• February 24, 2024

Manfaat Tai Chi untuk Kesehatan Jantung

Halo Sahabat Sehat! Apakah kamu tau tentang olahraga Tai chi? Sebagaimana jenis olahraga yang lain, olahraga asal Tiongkok ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan., salah satu manfaatnya yaitu untuk kesehatan jantung. Lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut!

Tentang Tai Chi

Tai chi adalah latihan yang melibatkan serangkaian gerakan lembut perlahan dan postur fisik, keadaan pikiran meditatif, dan pernapasan yang terkontrol. Gerakan anggun dan lembut pada Tai chi dapat meningkatkan detak jantung sekaligus menenangkan pikiran. Tai chi berasal dari seni bela diri kuno di Tiongkok.

olahraga tai chi
Foto: Freepik.com

Tai chi, sebagai seni nasional orang Tionghoa merupakan perpaduan antara kebugaran, kesehatan, dan olah raga, sekaligus berkesinambungan, berosilasi, dan konsisten dengan karakteristik psikologis maupun fisiologis. Beberapa penelitian juga menemukan kalau Tai chi memiliki banyak efek positif bagi kesehatan terutama untuk lansia dan merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok untuk lansia.

Gerakan dalam Tai Chi

Olahraga Tai chi tidak bertujuan untuk meningkatkan detak jantung kamu secara drastis atau membentuk otot yang besar. Namun gerakan yang lambat dan disengaja tetap membantu mengencangkan otot. Jika kamu bergerak lebih cepat dari satu posisi ke posisi berikutnya dan mendalami postur tersebut, gerakannya dapat memberikan latihan aerobik sedang. Sebaliknya, Sahabat Sehat dapat mengurangi intensitasnya dan bahkan melakukan gerakan tertentu sambil duduk di kursi.

Berbeda dari yoga, Tai chi tidak mengharuskan kamu untuk memanjangkan atau meregangkan persendian sepenuhnya, jadi tidak masalah bagi orang yang tidak terlalu fleksibel. Namun, adapula persamaannya dengan yoga, gerakannya akan melatih pikiran dan tubuh yang memerlukan perhatian terfokus melalui serangkaian gerakan yang dikoreografikan.

olahraga tai chi
Foto: Freepik.com

Manfaat Tai Chi untuk jantung

Sebuah artikel yang diterbitkan online pada Juli 2023 dalam Cardiology in Review, membahas tentang manfaat tai chi yang berhubungan dengan jantung. Banyak penelitian telah mendokumentasikan peningkatan tekanan darah setelah delapan hingga 12 minggu berlatih tai chi, termasuk di kalangan lansia, orang dewasa yang tidak banyak bergerak, dan penyintas serangan jantung.

Ada juga bukti bagus kalau Tai chi dapat menjadi alternatif yang efektif bagi orang-orang yang tidak ingin melakukan rehabilitasi jantung tradisional (program olahraga dan pendidikan terstruktur untuk orang-orang yang baru pulih dari masalah terkait jantung). Selain itu, olahraga ini juga terbukti bermanfaat bagi penderita gagal jantung, yang cenderung lelah dan lemah akibat berkurangnya kemampuan jantung untuk memompa.

Nah, Sahabat Sehat itulah beberapa informasi mengenani Tai chi. Kamu dapat melakukannya sebagai salah satu pilihan olahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Referensi

Alodokter.com. 4 Manfaat Seni Bela Diri Tai Chi Seni untuk Kesehatan. https://www.alodokter.com/tai-chi-kehebatannya-berbanding-lurus-dengan-manfaat-kesehatannya. Diakses 5 Oktober 2023.

Cleveland Heartlab. 2020. Tai Chi Boosts Heart Health!. https://www.clevelandheartlab.com/blog/tai-chi-boosts-heart-health/. Diakses 5 Oktober 2023.

Corliss, J. 2023. For Mellow Movement That Helps Your Heart, Try Tai Chi. https://www.health.harvard.edu/heart-health/for-mellow-movement-that-helps-your-heart-try-tai-chi. Diakses 4 Oktober 2023.

National Center For Complementary and Integratif Health. Tai Chi : What You Meet To Know. https://www.nccih.nih.gov/health/tai-chi-what-you-need-to-know#:~:text=Tai%20chi%20is%20a%20practice,on%20health%20promotion%20and%20rehabilitation. Diakses 5 Oktober 2023.

Sun, L., Zhuang, L. P., Li, X. Z., Zheng, J., & Wu, W. F. (2019). Tai Chi can prevent cardiovascular disease and improve cardiopulmonary function of adults with obesity aged 50 years and older: a long-term follow-up study. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6824704/. Diakses 5 Oktober 2023.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *