• March 5, 2024

Mitos dan Fakta Tentang Penyakit Kanker yang Penting Diketahui

Mitos: Pengobatan kanker justru dianggap memperburuk kesehatan. Ini juga sering kali dianggap menyebabkan kematian. 

Fakta: Mitos di atas tidaklah benar. Faktanya, pengobatan kanker berupa kemoterapi, radioterapi, maupun bedah dapat menimbulkan efek samping. Salah satu efek samping ini adalah ikut matinya sel sehat dan sel baik di organ yang terserang kanker. Inilah yang kemudian membuat orang berpikir, pengobatan kanker justru memperburuk kesehatan.

Mitos : Tidak adanya riwayat kanker dalam keluarga, maka bebas dari risiko kanker. Banyak yang menganggap bahwa kontak fisik dengan penderita kanker bisa bikin tertular. 

Fakta : Meski tak ada riwayat keluarga yang terkena kanker, seseorang tetap berisiko pada penyakit satu ini. Risiko diperparah dengan pola hidup tak sehat, radiasi dan hal lain. Sementara itu, kontak fisik dengan penderita kanker tak akan menyebabkan penularan kanker. Penularan hanya akan terjadi ketika ada pertukaran organ atau transplantasi organ. 

Mitos : Kanker adalah penyakit yang sangat menyakitkan.

Fakta : Rasa sakit yang terjadi pada tubuh disebabkan oleh rusaknya jaringan organ dalam tubuh yang terserang akibat penyebaran sel kanker. 

Itulah sekian mitos dan fakta mengenai kanker yang penting kita ketahui. Pastikan untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat agar terhindar dari berbagai risiko penyakit mematikan, salah satunya kanker. Usahakan juga untuk melakukan medical check up secara berkala untuk mengetahui kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *