• March 5, 2024

Mosquirix sebagai Pencegah Malaria, Sudah Ada di Indonesia?

Tahukah Sahabat Sehat? Malaria telah menyebabkan sekitar 435.000 kasus kematian pada tahun 2017 di seluruh dunia. Penularan penyakit ini terjadi ketika parasit Plasmodium berpindah ke tubuh manusia melalui nyamuk Anopheles betina yang menghisap darah.

Beberapa upaya pencegahan bisa dilakukan untuk mencegah penyakit malaria, salah satu yang cukup efektif adalah dengan vaksinasi.  Apakah vaksin tersebut sudah ada di Indonesia?

pencegahaan malaria
Foto: Freepik.com

Vaksin Mosquirix

Mosquirix digunakan untuk wilayah yang terkena malaria yang disebabkan oleh parasit yang lazim ditemukan sebagai penyebab yaitu Plasmodium falciparum. Vaksin ini diberikan kepada anak usia 6 minggu sampai 17 bulan untuk membantu melindungi dari penyakit malaria. Vaksin harus diberikan sebanyak 4 dosis pada anak diatas 5 bulan dengan disuntikan pada otot di sekitar bahu dan otot paha. Mosquirix juga dapat melindungi dari infeksi hati dengan virus hepatitis B, tetapi tidak boleh digunakan hanya untuk tujuan ini.

Manfaat Vaksin Mosquirix

Efektifitas vaksin mosquirix dalam mencegah malaria hampir mendekati 40%. Efektif pada anak usia 12 bulan yang menderita malaria setelah suntikan ketiga. Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 15.000 anak di 7 negara Afrika. Jumlah anak yang menderita malaria dalam periode 12 bulan lebih rendah sebesar 24% di antara anak usia 6 sampai 12 minggu (dosis pertama) yang diberi Mosquirix dan sebesar 43% di anak-anak diberikan dosis pertama antara usia 5 sampai 17 bulan. Mosquirix juga terbukti menginduksi antibodi terhadap virus hepatitis B seefektif vaksin hepatitis B resmi saat ini.

vaksin mosquirix utnuk cegah malaria
Foto: Freepik.com

Efek Sampingnya

Efek samping yang paling umum terjadi pada anak-anak adalah demam, gampang marah dan reaksi di tempat suntikan seperti nyeri dan bengkak. Efek samping paling serius yang dilaporkan dalam studi klinis dengan Mosquirix adalah kejang demam (pas dengan demam), yang terjadi pada 1 dari 1.000 anak. Mosquirix tidak boleh digunakan pada anak-anak yang memiliki reaksi hipersensitivitas (alergi) terhadap dosis Mosquirix sebelumnya atau vaksin hepatitis B.

Kasus malaria dan vaksin mosquirix di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, pada tahun 2019 kasus malaria di Indonesia mencapai 250.628, saat tahun 2020 terjadi penurunan kasus menjadi 226.364 dan di tahun 2021 juga terjadi penurunan kasus yang cukup signifikan menjadi 94.610. Kasus malaria tertinggi adalah Papua 87.863, Nusa Tenggara 2.613 dan Sumatera 1.419.

Vaksin ini belum ada di Indonesia, namun WHO telah merekomendasikan untuk negara Afrika terlebih dahulu yaitu di Ghana, Kenya dan Malawi. Di negara tersebut diberikan 2,3 juta dosis dan terbukti dapat menurunkan tingkat keparahan malaria pada anak-anak.

Walaupun vaksin mosquirix belum tersedia di Indonesia, Sahabat Sehat tetap bisa melakukan cara lain yang dapat mencegah malaria. Misalnya dengan menggunakan kelambu berinsektisida, penggunaan larvasida, repellent maupun dengan memanajemen lingkungan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

European Medicines Agency. Mosquirix: Opinion on medicine for use outside EU. https://www.ema.europa.eu/en/opinion-medicine-use-outside-EU/human/mosquirix. Diakses 27 April 2023.

Hermawan, D., Sary, L., & Amirus, K. (2022). Determinan yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Malaria Di Wilayah Kerja UPTD. Puskesmas Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Tahun 2022. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/viewFile/7598/pdf. Diakses 27 April 2023.

Laurens, M. B. (2020). RTS, S/AS01 Vaccine (Mosquirix™): an Overview. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7227679/. Diakses 25 April 2023.

Pramudiarja, A. U. 2022. 3 Fakta Vaksin Mosquirix untuk Malaria, Rekomendasi WHO yang Belum Masuk RI” selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6048084/3-fakta-vaksin-mosquirix-untuk-malaria-rekomendasi-who-yang-belum-masuk-ri. Diakses 27 April 2023.

Prasanda, A. 2021. Mengenal Mosquirix, Vaksin Malaria Pertama di Dunia. https://www.klikdokter.com/info-sehat/berita-kesehatan/mengenal-mosquirix-vaksin-malaria-pertama-di-dunia. Diakses 27 April 2023.

Informasi Malaria Indonesia Kemenkes RI. Kasus Malaria.
https://www.malaria.id/

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *