• February 24, 2024

Nafas Tak Sedap Salah Satunya Disebabkan oleh Merokok, Lalu Apa Lagi?

4. Masalah Kesehatan Lainnya

Beberapa kondisi kesehatan lain juga dapat menyebabkan nafas tak sedap. Contohnya termasuk sinusitis (peradangan sinus), infeksi tenggorokan, dan gangguan pernapasan seperti amandel yang membesar. Ketika saluran pernapasan atas terganggu, seseorang dapat bernafas melalui mulut, menyebabkan kekeringan yang memicu halitosis.

5. Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan tertentu, seperti bawang, bawang putih, makanan berbumbu kuat, dan minuman beralkohol, mengandung senyawa-senyawa yang dapat diabsorpsi ke dalam aliran darah dan dikeluarkan melalui paru-paru. Akibatnya, senyawa-senyawa tersebut dapat memberikan aroma tidak sedap pada nafas.

6. Kebiasaan Merokok dan Penggunaan Produk Tembakau

Merokok dan mengonsumsi produk tembakau dapat menyebabkan bau rokok menempel di mulut dan paru-paru, menyebabkan bau tidak sedap pada nafas yang sulit dihilangkan.

7. Mulut Kering (Xerostomia)

Produksi air liur yang kurang atau mulut kering dapat menyebabkan halitosis. Air liur berperan penting dalam membersihkan mulut dari bakteri, sehingga kurangnya air liur dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan nafas tak sedap dalam kegiatan sehari-hari. Apa kamu kerap merasakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *