• March 5, 2024

Naikkan Mood dengan 5 Comfort Food Sehat

Makanan atau minuman yang dapat memberikan rasa nyaman secara emosional disebut comfort food. Jika demikian, makanan tersebut pasti sudah sering dikonsumsi demi mengusir galau, gelisah, sedih, bahkan marah.

Biasanya, comfort food punya cita rasa lezat, tampilan menarik, dan aroma yang menggugah selera, seperti bakso, cokelat, pizza, dan lainnya. Meskipun demikian, alangkah baiknya Sahabat Sehat mengonsumsi comfort food yang menyehatkan. Pilihan ini sangat tepat bagi kesehatan fisik, di samping memperbaiki suasana hati.

naikan suasana hati dengan comfort food
Foto: Freepik.com

Kenapa Seseorang Memerlukan Comfort Food?

Banyak alasan mengapa seseorang akhirnya memerlukan comfort food. Suasana hati yang sedang tidak menentu menjadi alasan utama seseorang memilih comfort food. Saat kondisi hati sedang lelah atau putus asa karena tekanan, makanan bisa menjadi media self-medication atau memulihkan diri. Bahkan, bisa memberikan rasa tenang, nyaman, dan bahagia.

Selain itu, faktor kesepian yang membuat suasana hati tidak menentu juga menjadi alasan seseorang membutuhkan comfort food. Dilansir dari laman Dokter Sehat, comfort food membantu membangun ikatan sosial, sehingga tidak lagi merasa kesepian ataupun terisolasi dari lingkungan.

Makanan juga seringkali berperan dalam membangun suasana menjadi istimewa. Saat hari raya atau perayaan, banyak dicari makanan tertentu untuk memeriahkan suasana, sehingga momen tersebut menjadi mengesankan dan luar biasa.

Daftar Comfort Food yang Menyehatkan

Umumnya, seseorang mencari comfort food yang memiliki rasa lezat dan disukai, tanpa mempertimbangkan kadar gizinya. Sesekali boleh saja demikian, namun hal ini bisa berisiko bila dilakukan terlalu sering. Oleh karena itu, kamu bisa muali membiasakan untuk memilih comfort food yang lebih sehat. Batasi konsumsi makanan instan, terlalu manis, dan tinggi kalori. Nah, berikut ini diantaranya!

Sup

Sup adalah menu andalan karena lezat dan praktis dibuat. Sup juga berperan menghangatkan tubuh, sehingga membuat nyaman. zat gizi dalam semangkuk sup juga lengkap, mulai dari kalori, serat, kalsium, zat besi, vitamin, protein, mineral, hingga lemak.

Bubur Ayam

Bubur ayam adalah menu hangat yang umumnya dipilih untuk sarapan. Rasa lezatnya dan tekstur lembutnya membuat nyaman setiap orang yang mengonsumsinya. Pilihan topping-nya yang beragam, yaitu ayam suwir, telur ayam, kacang, kornet, sosis, bahkan keju, dijamin membuat perut kenyang sekaligus hati senang. BUkan hanya menambah rasa, topping yang beragam ini juga bisa menambah nilai gizi. Misalnya seperti daun seledri yang mengandung zat besi.

sayur dan buah sebagai comfort food
Foto: Pexels.com

Salad

Beberapa orang memilih salad sebagai comfort food. Sahabat Sehat yang suka buah dan sayur, sangat tepat memilih menu ini. Mengonsumsi salad buah ataupun salad sayur sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Wedang Ronde

Wedang ronde banyak dicari untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya malam. Hal ini membuat tubuh merasa nyaman dan tenang, sehingga ronde bisa masuk dalam kategori comfort food bagi sebagian orang. Kombinasi jahe yang berperan mengurangi inflamasi dan bola-bola yang kaya karbohidrat pasti sangat lezat.

Green Smoothie

Green smoothie ini berasal dari beragam pilihan buah dan sayur yang kaya antioksidan. Menu yang satu ini mampu memenuhi asupan serat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan menjadikan minuman ini sebagai comfort food, Sahabat Sehat bisa sekaligus menyehatkan tubuh saat berusaha mengembalikan suasana hati.

Adanya comfort food sangat membantu memulihkan suasana hati. Namun, tetap perlu diperhatikan porsinya supaya ngga berlebihan. Jangan samapi niat hati ingin memperbaiki mood, tapi justru gangguan kesehatan yang didapat. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, gurih atau berlemak, batasilah porsinya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *