• March 5, 2024

Olahraga Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa?

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan. Jika dilakukan dengan tepat, olahraga dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan serta membuat tubuh bekerja dengan lebih optimal. Pertanyaannya, olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan saat puasa? 

Cari tahu selengkapnya bersama Bumame! 

Tips olahraga saat puasa

Jika kamu sudah memutuskan untuk rutin berolahraga saat puasa, kamu harus memerhatikan beberapa tips berikut agar olahraga yang kamu lakukan bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. 

  1. Pilih waktu olahraga

Di bulan puasa, kamu sebaiknya memilih waktu berolahraga yaitu 30-60 menit sebelum berbuka puasa karena rentang waktu ini tidak terlalu jauh dengan waktu berbuka puasa. Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga 30-60 menit setelah berbuka puasa. Sesuaikan dengan waktu yang kamu miliki sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya. 

Baca Juga: Lakukan Hal Berikut untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa

  1. Jaga asupan makan

Olahraga di bulan puasa juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Kamu perlu melengkapi semua kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan serat, hingga mineral. Hindari mengonsumsi goreng-gorengan dan makanan manis lainnya saat berbuka puasa karena justru dapat mengganggu kesehatan.  

  1. Minum air yang cukup 

Jika kamu rutin olahraga saat bulan puasa, kamu juga wajib memerhatikan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Berolahraga otomatis mengeluarkan banyak keringat sehingga kamu mungkin dapat mengalami dehidrasi. Pastikan untuk meminum air yang cukup saat berbuka puasa, minimal 2 gelas air putih. Kemudian malam harinya hingga sebelum tidur, kamu dapat mengonsumsi 4 gelas air putih. Saat sahur, kamu juga perlu mengonsumsi 2 gelas air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. 

Jenis-jenis olahraga yang dapat kamu lakukan saat puasa 

  1. Jogging

Jogging merupakan salah satu pilihan olahraga yang dapat kamu lakukan selama bulan puasa. Jogging tergolong mudah untuk dilakukan, bisa di sekitar komplek rumah ataupun taman jogging yang tersedia dekat rumah kamu. Jogging bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang tepat dan bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat. 

  1. Yoga

Olahraga yang satu ini cenderung ringan dan tidak membuat kamu cepat lelah. Pada dasarnya, yoga merupakan olahraga menggerakkan tubuh yang fokus pada teknik pernapasan. Manfaatnya adalah untuk membuat otak dan pikiran kita menjadi lebih rileks, membuat suasana hati menjadi lebih baik, hingga meningkatkan kualitas tidur. 

  1. Latihan angkat beban 

Jika kamu memilih latihan angkat beban sebagai olahraga saat puasa, angkatlah beban yang cenderung ringan dan jangan terlalu berat. Mengangkat beban yang terlalu berat dapat membuatmu kehilangan energi yang banyak. Salah satu manfaat olahraga angkat beban yang bisa kamu dapat, yaitu menghindari otot dari kram. 

  1. Bersepeda

Jika biasanya kamu bersepeda dengan jarak yang cenderung jauh, saat puasa sebaiknya kamu bersepeda untuk jarak yang lebih dekat untuk menjaga energi agar tidak terbuang terlalu banyak. Olahraga sepeda juga dapat mengencangkan otot-otot sekaligus menyehatkan organ jantung. 

Baca Juga: Waspada Kondisi Hiponatremia bagi yang Gemar Olahraga

Tes kesehatan untuk kamu yang gemar olahraga 

Jika kamu gemar olahraga, kamu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan melalui layanan Medical Check Up di Bumame. Pemeriksaan ini dilakukan untuk membuktikan apakah olahraga yang rutin kamu jalani sudah memberikan dampak yang baik bagi kesehatan atau belum. Tes kesehatan ini bisa dilakukan di rumah dengan layanan Home Care yang gratis biaya transportasi dan gratis konsultasi dokter. Hubungi customer care Bumame untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *