• March 5, 2024

Pahami Cara Mencegah Penyakit Ginjal dengan Mudah

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang terlihat tidak terlalu besar, tetapi sangat penting keberadaannya. Fungsi ginjal antara lain membantu keseimbangan cairan tubuh sampai mengeluarkan urine dan menyaring darah. Jika sudah terlanjur mengalami penyakit seperti gagal ginjal, maka kesehatan tubuhmu akan terganggu. Kamu pun wajib mempelajari cara mencegah penyakit ginjal yang benar.

Kali ini, Bumame akan membagikan bagaimana cara mencegah penyakit ginjal dengan mudah dan praktis. Simak lengkapnya di bawah ini!

1. Banyak Minum Air Putih

Cara mencegah penyakit batu ginjal yang paling mudah adalah minum air putih yang cukup. Jika kurang minum air putih, produksi urin akan menjadi rendah dan akhirnya membuat batu ginjal muncul.

Ada cara mudah untuk melihat apakah kamu mengalami dehidrasi atau kurang minum air putih, yakni dengan melihat warna urin yang kamu keluarkan. Warna urin yang normal tampak bening atau kuning pucat. Semenara bila urin berwana gelap, tandanya kamu harus minum air putih lagi.

Cobalah minum putih minimal sekitar delapan gelas setiap hari. Kamu yang memiliki kegiatan ekstra bisa mencoba minum lebih banyak karena kamu pasti membutuhkan cairan tambahan. Anda banyak berolahraga atau berkeringat, atau memiliki riwayat batu sistin, Anda memerlukan cairan tambahan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah gagal ginjal yang paling mudah berikutnya dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Adapun makanan sehat dan seimbang yang dimaksud adalah:

  • Sayur dan buah
  • Kentang, roti gandum, nasi atau pasta sebagai sumber karbohidrat
  • Susu atau susu alternatif dari kacang kedelai
  • Kacang-kacangan, ikan, telur, atau daging untuk sumber protein

Selain beberapa makanan di atas, kamu bisa memilih makanan dengan kadar lemak jenuh yang rendah. Kamu pun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait makanan apa yang boleh dikonsumsi atau tidak bila mengidap kondisi medis lain tertentu.

3. Kurangi Penggunaan Garam untuk Makanan

Menurut Urology Care Foundation, terlalu banyak garam dalam urin bisa menghalangi kalsium diserap kembali dari urin ke darah. Kondisi tersebut akan menyebabkan kalsium urin menjadi tinggi dan akhirnya membentuk batu ginjal.

Membatasi konsumsi garam pada makanan mampu menjaga kadar kalsium urin jadi lebih rendah. Tak lupa, bacalah label nutrisi pada kemasan makanan yang hendak kamu konsumsi. Semakin rendah kalsium urin, semakin rendah risiko terkena batu ginjal.

4. Berolahraga

Olahraga teratur akan membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit ginjal. Lakukan olahraga ringan mulai dari aerobik, bersepeda atau jalan cepat selama 150 menit per minggu. Atau, kamu dapat melakukan olahraga dua kali atau lebih selama seminggu untuk melatih otot kaki, pinggul, punggung, perut, dada, bahu dan lengan.

5. Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya adalah hormon, penyakit, atau stres. Seiring dengan waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam ginjal menjadi tersumbat serta dapat menyebabkan kerusakan. Hal tersebut semakin lama bisa membahayakan ginjal.

6. Lakukan Manajemen Stress

Stress sering disebut-sebut sebagai sumber dari segala penyakit. Anggapan tersebut tidak salah, lho! Mengelola stres dan rasa kecemasan rupanya dapat menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah tubuhmu stabil, maka ginjalmu terhindar dari risiko penyakit atau gangguan tertentu.

7. Berhenti Merokok

Bagi kamu seorang. perokok, ada baiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk berhenti merokok. Sebab, merokok menyebabkan penyakit pada setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Cobalah meminta support dari orang terdekat untuk berhenti merokok serta berkonsultasi ke dokter bila diperlukan.

8. Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah dan kadar kolesterol naik. Tak hanya itu, minum alkohol terlalu banyak bisa membuat berat badanmu cenderung naik.

9. Jangan Minum Obat Pereda Nyeri Secara Berlebihan

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh terlalu banyak konsumsi obat pereda nyeri atau non-steroidal anti-inflammatories (NSAID), contohnya aspirin dan ibuprofen. Obat pereda nyeri memang tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Kamu wajib mengikuti instruksi dan resep dokter dalam setiap konsumsi obat.

10. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Supaya kamu lebih mawas dan paham tentang kondisi kesehatanmu, lakukanlah medical check up secara rutin. Direkomendasikan bagi orang yang berusia 50 tahun ke atas untuk melakukan medical check up setahun sekali. Sedangkan bagi orang di bawah 50 tahun dan dalam kondisi yang sehat sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap 3 tahun sekali.

Itulah ulasan singkat mengenai bagaimana cara mencegah penyakit ginjal. Yuk, lakukan pemeriksaan fungsi ginjal di Bumame! Melalui pemeriksaan ini, kamu dapat memahami seberapa baik fungsi ginjal dalam bekerja dan mendeteksi adanya gangguan sedari dini. Bumame juga menyediakan layanan konsultasi dengan dokter sebelum pemeriksaan, gratis lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *