• February 24, 2024

Pahami, Sadari, Tangani: Deteksi Dini, Kunci Kesembuhan Kanker Payudara

Fimela.com, Jakarta Oktober diperingati dengan bulan kesadaran kanker payudara. Bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan secara teratur dan tindakan apa yang tepat untuk dilakukan jika merasakan adanya kelainan pada payudara.

Kanker payudara sendiri menduduki peringkat pertama dalam jumlah kasus kanker di Indonesia, serta menjadi penyebab kematian terbesar akibat kanker. Kasus kanker payudara berkontribusi sebanyak 17% dari seluruh kasus kanker dan fakta yang mengkhawatirkan adalah 70% pasien kanker payudara datang untuk konsultasi dalam keadaan stadium lanjut, sehingga berdampak pada kualitas hidup dan peluang kesembuhannya.

Menurut dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp.RAD(K), kanker payudara bisa menyerang wanita dan pria, walaupun secara persentase lebih banyak menyerang wanita, namun tidak menutup kemungkinan pria juga bisa mengidap kanker payudara.

“ oleh karena itu pemeriksaan rutin wajib dilakukan dengan dua metode, yakni periksa payudara sendiri dengan teknik perabaan dan dengan bercermin. Jika merasa ada yang berbeda pada payudara, periksakan melalui pemeriksaan medis yaitu mammografi dan USG Mammae,” ujar dr. Rahami dalam acara bertajuk “Pahami, Sadari, Tangani: Deteksi Dini, Kunci Kesembuhan Kanker Payudara”. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 21 Oktober 2023, di auditorium lantai 9 Bethsaida Hospital.

Susi selaku perwakilan dari komunitas CISC (Cancer Information and Support Center) dan Ibu Heni Hermanto serta Ibu Nuning Handayani sebagai penyintas kanker payudara. Dalam sesi diskusi, Ibu Susi mengatakan salah satu kunci untuk kesembuhan kanker payudara adalah percayakan pengobatan kepada satu faskes yang dirasa mumpuni dan tidak beralih ke jenis pengobatan lainnya selain medis.

Ibu Heni dan Ibu Nuning juga menambahkan pikiran positif dan semangat untuk sembuh juga berperan penting dalam membantu kesembuhan dari kanker payudara.

“Jadi jangan pernah ragu mengambil langkah jika sudah mendapatkan arahan dari dokter, karena semakin cepat ditangani, maka semakin tinggi juga peluang untuk sembuh,” kata mereka berdua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *