• March 1, 2024

Penyebab Adanya Benjolan di Leher yang Tak Boleh Diabaikan

Jika kamu mengalami benjolan di bagian tubuh tertentu seperti di leher, ketiak atau selangkangan dan disertai berbagai gejala yang disebutkan di atas, lebih baik segera konsultasikan pada dokter. Lebih cepat kamu konsultasikan benjolan yang kamu alami tersebut, maka semakin cepat pula dokter mendiagnosa dan berupaya mengatasinya.

Sebelum memberikan diagnosa, dokter akan memeriksa kondisi fisikmu terlebih dahulu. Untuk memastikan apakah yang kamu alami tersebut benar limfoma atau tidak, dokter akan menyarankanmu untuk tes darah. Ada beberapa tes darah yang bisa dilakukan, yaitu tes darah lengkap untuk mendeteksi penurunan sel darah, tes kimia darah untuk memeriksa fungsi ginjal dan hati, serta lactate dehydrogenese (LDH) untuk memeriksa kadar LDH yang biasanya meningkat pada penderita limfoma.

Jika hasil diagnosa dari dokter benar limfoma, maka dokter akan memberikan berbagai penanganan, seperti memberikan obat-obatan kemoterapi dan imunoterapi. Dokter juga bisa menyarankan kamu untuk melakukan radioterapi atau transplantasi sumsum belakang jika limfoma sudah berada di sumsum tulang belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *