• March 3, 2024

Penyebab Badan Terasa Pegal-pegal, Bisa Jadi Gejala Penyakit

1. Aktivitas Fisik Berlebihan

Salah satu penyebab utama pegal dan nyeri otot adalah kelelahan otot akibat aktivitas fisik yang berlebihan. Saat seseorang melakukan aktivitas yang terlalu intens atau berat, otot-ototnya akan mengalami stres dan bisa terjadi kerusakan kecil pada serat otot, yang menyebabkan rasa nyeri dan pegal.

Selain itu, kurangnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan menyebabkan nyeri.

2. Dehidrasi

Selain aktivitas fisik yang berlebihan, faktor lain yang dapat menyebabkan pegal dan nyeri otot adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, otot-otot akan menjadi kaku dan mudah lelah, yang dapat menyebabkan rasa pegal dan nyeri.

3. Posisi Duduk yang Salah

Selain itu, posisi duduk atau berdiri yang tidak ergonomis juga dapat menyebabkan pegal dan nyeri otot. Posisi yang tidak nyaman dapat menyebabkan otot-otot tertekan atau terjepit, yang menyebabkan rasa nyeri pada otot-otot tersebut.

Selain faktor-faktor di atas, ada juga beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab dari badan pegal dan nyeri otot. Arthritis, misalnya, adalah penyakit radang sendi yang dapat menyebabkan nyeri otot dan pegal pada tubuh. Fibromyalgia juga merupakan kondisi medis yang ditandai dengan nyeri otot dan kelelahan yang kronis.

Faktor lain yang dapat menyebabkan pegal dan nyeri otot termasuk kurangnya istirahat yang cukup, stres, dan kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otot-otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *