• February 24, 2024

Penyebab Bengkaknya Kelenjar Getah Bening di Leher yang Harus Dipahami

4. Radang amandel

Tonsil atau amandel adalah kelenjar getah bening yang terletak di dalam mulut, tepatnya di dekat tenggorokan. Amandel bertugas untuk membasmi kuman dan virus yang masuk ke dalam mulut dan saluran pernapasan.

Ketika kuman atau virus masuk ke dalam mulut dan tenggorokan, amandel dapat meradang dan membengkak, sehingga menyebabkan radang amandel atau tonsillitis.

5. TB kelenjar

TBC (tuberkulosis) biasanya menyerang paru-paru, tetapi penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti kelenjar getah bening. Jenis tuberkulosis yang menyerang kelenjar getah bening disebut sebagai TB kelenjar.

TB kelenjar dapat terjadi di berbagai area tubuh, tetapi lebih sering terjadi pada kelenjar getah bening di leher.

6. Kanker di kepala dan leher

Pada kasus tertentu, membengkaknya kelenjar getah bening di leher juga bisa disebabkan oleh kanker di bagian kepala dan leher, misalnya kanker mulut, kanker hidung dan tenggorokan, dan kanker kelenjar getah bening atau limfoma.

Gejala kanker di bagian kepala dan leher adalah benjolan pada leher atau kepala, sakit tenggorokan, sulit menelan, suara serak, dan penurunan berat badan secara drastis.

Selain karena beberapa penyakit di atas, pembengkakan kelenjar getah bening di leher juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti kurap pada kulit kepala (tinea capitis) dan bronkitis.

Sebagian penyebab membengkaknya kelenjar getah bening di leher tidak berbahaya dan dapat mereda dengan sendirinya. Namun, jika kamu mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di leher selama 1 bulan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *