• February 24, 2024

Penyebab Kejang Saat Tidur yang Berbahaya dan Wajib Diwaspadai

1. Mencukupi waktu istirahat

Kurang tidur adalah salah satu pemicu kejang saat tidur. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup. Idealnya, remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 8–10 jam sehari dan orang dewasa perlu tidur sebanyak 7–9 jam sehari.

2. Rutin berolahraga

Selain istirahat yang cukup, kamu juga disarankan untuk rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu mengurangi stres yang menjadi pemicu kejang. Beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan adalah berjalan, berlari, berenang, maupun bersepeda.

3. Mengelola stres

Tips mencegah kejang saat tidur berikutnya adalah dengan mengelola stres. Sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres adalah membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat berhenti merokok dan membatasi konsumsi minuman beralkohol untuk mencegah kejang saat tidur.

4. Rutin mengonsumsi obat

kamu juga disarankan untuk rutin mengonsumsi obat antikejang. Pastikan kamu mengonsumsi obat tersebut sesuai anjuran dan petunjuk dari dokter. Hindari mengonsumsi obat antikejang melebihi atau kurang dari dosis yang sudah ditentukan tanpa berkonsultasi atau mendapatkan persetujuan dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *