• March 3, 2024

Penyebab Sakit Perut Saat Hamil Muda yang Bikin Panik dan Khawatir

Meski jarang terjadi, sakit perut saat hamil muda juga bisa disebabkan oleh hamil anggur. Hal ini terjadi karena adanya masalah pada perkembangan sel telur yang dibuahi, sehingga kehamilan tidak terjadi dengan normal.

Moms harus waspada jika mengalami beberapa gejala hamil anggur, seperti sakit perut, perdarahan atau keluarnya cairan berwarna coklat dari vagina saat usia kehamilan kurang dari 12 minggu, keluarnya gumpalan jaringan sebesar anggur dari vagina, mual dan muntah yang parah, hingga sakit panggul.

8. Radang usus buntu

Meski jarang terjadi, radang usus buntu juga bisa menjadi penyebab sakit perut saat hamil muda. Gejala usus buntu saat hamil mirip dengan gejala kehamilan pada umumnya, yaitu mual dan muntah. Selain itu, pembesaran rahim akan menyebabkan usus buntu tertarik ke atas dan naik ke dekat pusar atau hati ibu hamil. Hal itu membuat ibu hamil bisa terlambat memeriksakan diri ke dokter, sehingga dapat membahayakan ibu maupun janin.

Jika Moms mengalami nyeri di perut kanan, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang sesuai.

9. Infeksi saluran kemih

Penyebab sakit perut saat hamil muda berikutnya adalah infeksi saluran kemih. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kehamilan berusia 0–12 minggu. Infeksi saluran kemih lebih berisiko terjadi saat hamil karena adanya perubahan hormon. Hal tersebut membuat urine mengandung lebih banyak gula dan mengalir kembali dari kandung kemih ke ginjal.

Selain itu, rahim yang membesar juga bisa menekan kandung kemih ibu hamil. Hal ini membuat Moms sulit mengeluarkan semua urine yang ada di dalam kandung kemih. Urine yang tersisa ini akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih, salah satu penyebab sakit perut saat hamil muda. Infeksi saluran kemih (ISK) bisa menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Oleh karena itu, Moms harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Sakit di bagian perut bawah atau di punggung bawah
  • Sering ingin buang air kecil
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Perubahwan warna urine menjadi pekat seperti teh dan berbau menyengat, bahkan berbau busuk

Itulah 9 penyebab sakit perut saat hamil muda. Untuk mengetahui penyebabnya secara lebih pasti, Moms sebaiknya berkonsultasi pada dokter. Selain memberikan diagnosa, dokter akan memberikan penanganan agar sakit perut yang Moms rasakan tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *