• February 24, 2024

Penyebab Varises yang Muncul Setelah Melahirkan yang Mengganggu Penampilan

Agar dapat mencegah dan meredakan varises setelah proses melahirkan, Moms dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah, membantu meredakan kondisi varises. Selama kehamilan dan setelah melahirkan, disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, serta senam panggul atau Kegel. Tetapi, sebelum memulai aktivitas fisik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis, intensitas, dan durasi olahraga yang aman.

Posisi Kaki yang Diperhatikan

Moms sebaiknya menghindari mempertahankan satu posisi dalam waktu yang lama. Hindari menyilangkan atau menekuk kaki terlalu dalam saat duduk, dan hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Ketika berbaring, disarankan untuk menyangga kaki dengan bantal atau benda lainnya untuk meningkatkan peredaran darah.

Menurunkan Berat Badan

Jika Moms memiliki kelebihan berat badan, upayakan untuk menurunkan berat badan dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Kelebihan berat badan tidak hanya memperpanjang durasi varises, tetapi juga dapat menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan. Sebelum memulai program penurunan berat badan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi, terutama jika Moms sedang menyusui, untuk mendapatkan panduan mengenai pola makan yang aman dan menyehatkan.

Jika varises tetap persisten atau bahkan semakin mengganggu kenyamanan, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan rekomendasi mengenai prosedur medis yang sesuai dengan kondisi kesehatan Moms untuk mengatasi varises.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *