• March 1, 2024

Suka Mengunyah Permen Karet? Ketahui Mitos dan Fakta Permen Karet untuk Kesehatan ini

Fimela.com, Jakarta Mengunyah permen karet bisa menurunkan berat badan loh! Apakah kamu pernah mendengar pernyataan itu? Memang, permen karet adalah salah satu camilan yang dibuat hanya untuk dikunyah tetapi tidak ditelan. Namun apakah hal ini bisa membantu menurunkan berat badan? Banyak sekali mitos-mitos yang beredar mengenai bagaimana mengonsumsi permen karet berpengaruh pada kesehatan tubuh. Sayangnya tidak semuanya benar, beberapa mitos yang tidak benar tersebut kerap dipercaya dan diterapkan oleh sebagian orang. 

Permen karet memiliki ragam rasa dan warna yang bervariasi. Ada yang rasa buah-buahan, daun mint, hingga original bebas gula. Menjadi camilan tepat di kala kebosanan, permen karet biasa dikonsumsi anak kecil hingga orang dewasa di saat-saat tertentu. Walaupun permen karet tidak diciptakan untuk ditelan, namun jika tidak sengaja tertelan umumnya tidak berbahaya. Sepotong kecil permen karet yang masuk ke dalam tubuh tetap bisa melewati saluran pencernaan dan dikeluarkan melalui tinja layaknya makanan lain.

Namun perlu berhati-hati juga, dikutip dari Healthline, permen karet mengandung banyak pemanis, pengawet dan bahan pelembut, berbahaya jika ditelan dalam jumlah yang banyak karena akan menyumbat usus, khususnya untuk anak-anak. Selain itu, jumlah gula pada permen karet pun terbilang tinggi, terasa manis ketika pertama kali mengunyah permen karet, lalu membuangnya ketika sudah tidak memberikan rasa, ini yang membuat kerusakan pada gigi. 

Masih banyak lagi mitos-mitos lain mengenai efek permen karet terhadap tubuh. Simak dibawah ini untuk mengetahui dibalik fakta tersebut agar tidak mudah percaya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *