• March 1, 2024

Tes Kesehatan Calon Karyawan: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Pemeriksaan Terdekat

Siapa di sini yang siap masuk ke dunia kerja baru? Saat memasuki dunia kerja yang baru, sudah seharusnya kamu menjalaninya dengan semangat tinggi dan kesehatan yang selalu terjaga. Maka dari itu, sebelum masuk kerja, umumnya calon karyawan akan diminta menjalani Medical Check Up atau tes kesehatan. Apa itu tes kesehatan calon karyawan? Mari cari tahu selengkapnya bersama Bumame di sini! 

Pengertian tes kesehatan calon karyawan

Tes kesehatan bagi calon karyawan adalah pemeriksaan kesehatan yang diperlukan bagi mereka para calon karyawan dalam memasuki lingkup kerja. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kesehatan seorang karyawan dan potensi gangguan atau penyakit yang mungkin dapat terjadi. Hal ini diperlukan agar karyawan tersebut bisa mencegah suatu penyakit berkembang ke tahapan yang lebih serius. 

Ditinjau dari sisi perusahaan, tes kesehatan calon karyawan sangat diperlukan untuk memastikan karyawan dapat bekerja dengan maksimal dan dalam kondisi yang produktif untuk bisa memenuhi target dari perusahaan. 

Jenis tes

Apa saja tes kesehatan yang umumnya dilakukan oleh seorang calon karyawan sebelum memasuki dunia kerja? 

Hematologi lengkap

Pemeriksaan hematologi lengkap adalah pemeriksaan darah secara lengkap, mulai dari sel darah putih, sel darah merah, serta platelet (trombosit atau keping darah). Umumnya, tes hematologi lengkap dilakukan untuk mengetahui adanya gangguan yang berpotensi menyebabkan penyakit seperti infeksi, anemia, dan leukemia. 

Urine lengkap 

Pemeriksaan urine lengkap adalah pemeriksaan urine yang juga dapat mendeteksi berbagai macam penyakit, seperti batu ginjal, diabetes, infeksi saluran kemih, kadar protein dalam urine, hingga kerusakan otot. 

Glukosa puasa 

Pemeriksaan glukosa puasa dilakukan untuk mengukur kadar gula darah pada calon karyawan setelah berpuasa selama 8 jam. Hasil tes pemeriksaan glukosa puasa dapat menentukan kadar gula darah normal atau tinggi (hiperglikemia) yang berpotensi menyebabkan penyakit diabetes. 

NAPZA 

Pemeriksaan NAPZA dilakukan guna mengetahui dan memastikan seorang calon karyawan terbebas dari penggunaan atau penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. 

Baca Juga: Pemeriksaan dan Tes NAPZA: Pengertian, Manfaat, dan Layanan Terdekat

Manfaat tes 

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari tes kesehatan calon karyawan, yaitu: 

Meningkatkan produktivitas

Suatu perusahaan bisa menggapai kesuksesan jika didorong dengan kesehatan dan produktivitas para karyawannya. Dengan kesehatan karyawan yang terjaga, perusahaan menjadi lebih yakin untuk merekrut karyawan. Sebagai karyawan, kamu pun menjadi lebih nyaman dan aman dalam melakukan pekerjaan. 

Menghemat biaya 

Manfaat kedua yang bisa didapat dari melakukan tes kesehatan calon karyawan adalah penghematan biaya kesehatan. Jika seorang karyawan mengalami sakit di tengah-tengah masa bekerja, tentu akan ada biaya yang dibebani ke perusahan untuk mengganti proses pengobatan yang tidak murah. Tidak hanya itu saja, jika seorang karyawan sakit, ada pekerjaan yang juga dibebankan ke karyawan pengganti yang berujung pada kenaikan tarif lembur atau overtime

Menghindari tuntutan yang tidak diinginkan

Manfaat terakhir adalah untuk menghindari tuntutan yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari. Sebagai contoh, seorang karyawan yang baru masuk kerja tidak mengalami suatu penyakit tertentu. Namun di masa bekerja, ia mengalami sakit usus buntu. Seorang karyawan dapat menuntut haknya untuk penggantian biaya pengobatan. Dengan adanya rekam medis calon karyawan, tentu saja bisa meminimalisir risiko seperti ini.

Pemeriksaan terdekat 

Bagi perusahaan dan calon karyawan dan baru ingin bekerja, kamu bisa melakukan tes kesehatan calon karyawan melalui layanan Medical Check Up di Bumame. Bisa dilakukan dari kantor dengan layanan Home Care dan gratis biaya transportasi serta konsultasi dokter dan pembacaan hasil tes. Medical Check Up Bumame tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *