• June 4, 2023

Tes Kesehatan Pelari dan Pesepeda untuk Optimalkan Gaya Hidup Sehat

Siapa di antara kamu yang gemar atau punya kebiasaan berolahraga, seperti berlari atau bersepeda? Selain menjadi hobi dan pelepas penat, pasti kamu memiliki tujuan di balik berolahraga, bisa saja untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Untuk menunjang hobi olahraga kamu, beberapa laboratorium menyediakan tes kesehatan pelari dan pesepeda.

Bagaimana dan apa saja yang dilakukan dalam tes kesehatan pelari dan pesepeda? Yuk cari tahu selengkapnya bersama Bumame di sini! 

Pengertian tes kesehatan untuk pelari, pesepeda, dan mereka yang gemar olahraga

Tes kesehatan ini dilakukan untuk menunjang sekaligus mencari tahu apakah olahraga atau gaya hidup yang kamu jalani selama ini sudah memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan atau belum. Hal ini diperlukan agar kamu tidak salah dalam mengatur pola olahraga, makan, dan gaya hidup kamu sehari-hari. Dengan melakukan tes kesehatan ini, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi olahraga atau diet yang tepat sesuai petunjuk dokter. 

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Olahraga, Pagi atau Malam?

Apa saja pemeriksaan kesehatan untuk pelari dan pesepeda? 

  1. Natrium

Natrium merupakan jenis mineral yang berfungsi sebagai elektrolit. Tugasnya adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar kamu terhindar dari dehidrasi (hilangnya cairan tubuh dalam ukuran yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah yang dikonsumsi). 

  1. Klorida

Pemeriksaan klorida dilakukan guna mengukur konsentrasi klorida (CI) yang ada di dalam tubuh. Seperti kita ketahui, klorida adalah elektrolit yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan serta mempertahankan volume darah normal, tekanan darah, dan pH cairan tubuh. 

  1. Ureum dan kreatinin

Pada dasarnya, pemeriksaan ureum dan kreatinin dilakukan untuk mengetahui fungsi ginjal. Tes ini bisa membuktikan apakah pola olahraga dan diet yang rutin kamu jalani bisa menjaga fungsi ginjal tetap di kondisi yang baik atau tidak. 

  1. Kolesterol Total

Pemeriksaan kolesterol atau umumnya disebut tes profil lipid dilakukan untuk mengukur jumlah total zat lemak dalam tubuh. Mudahnya, tes kolesterol ini dapat mendeteksi apakah dengan olahraga dan diet yang sudah dilakukan, kamu memiliki kadar kolesterol tinggi atau tidak.

  1. Trigliserida 

Trigliserida merupakan jenis lemak yang dapat ditemukan dalam darah. Biasanya, trigliserida ini didapat dari makanan-makanan berlemak yang dikonsumsi, seperti minyak goreng, daging mengandung lemak, mentega, dan keju. Maka dari itu, jika kamu rutin berolahraga dan menjalani pola diet tertentu, kamu bisa memastikan kadar trigliserida tetap dalam ukuran normal dengan tes kesehatan pelari dan pesepeda ini. 

Baca Juga: Olahraga Menjamin Kamu Bebas Kolesterol?

Pemeriksaan terdekat 

Setelah membaca pemeriksaan bagi pelari dan pesepeda di atas, kamu jadi lebih paham pentingnya untuk melakukan pengecekan berkala sebagai pendukung hobi olahraga dan makan sehat yang sudah kamu jalani selama ini bukan? Supaya olahraga kamu jadi semakin aman dan optimal juga tentunya. 

Bagi kamu yang gemar olahraga, kamu bisa melakukan pengecekan kadar natrium, klorida, kolesterol, dan semua jenis pemeriksaan kesehatan yang menunjang gaya hidup sehat kamu melalui layanan Medical Check Up di Bumame. Bisa dilakukan dari rumah dengan layanan Home Care dan gratis biaya transportasi serta konsultasi dokter dan pembacaan hasil Medical Check Up untuk penanganan yang lebih tepat dan cepat. Medical Check Up Bumame tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi customer care Bumame.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *