• March 3, 2024

Tips Cegah Penularan Cacar Monyet

Kasus cacar monyet di Indonesia bertambah 1 kasus pada tanggal 19 Oktober 2023. Sebelumnya telah ada 1 kasus dibulan Agustus 2022 dan 1 kasus di 12 Oktober 2023. Semua kasus tersebut terjadi di Jakarta. Bertambahnya kasus ini menjadikan kita perlu mewaspadainya dengan mengetahui cara cegah dan penularannya.

cegah penularan monpox
Foto: Freepik.com

Kasus cacat monyet

Mpox (cacar monyet) disebabkan oleh virus dengan genus Orthopoxvirus dalam familiĀ Poxviridae. Pada tahun 1970, mpox menjadi wabah di Afrika Tengah, Timur dan Barat. Di Amerika, wabah ini terjadi yang dikaitkan dengan impor hewan liar pada tahun 2003. Sejak tahun 2005, ribuan kasus dugaan dilaporkan di Kongo setiap tahunnya. Pada tahun 2017, mpox muncul kembali di Nigeria dan terus menyebar di antara orang-orang di negara tersebut dan pada wisatawan yang datang ke tujuan lain. Data kasus yang dilaporkan hingga tahun 2021 tersedia di WHO.

Pada Mei 2022, wabah mpox muncul secara tiba-tiba dan menyebar dengan cepat ke seluruh Eropa, Amerika, dan enam wilayah WHO, dengan 110 negara melaporkan sekitar 87 ribu kasus dan 112 kematian. Wabah global ini terutama berdampak (namun tidak hanya) dan telah menyebar dari orang ke orang melalui jaringan seksual. Pada tahun 2022, wabah mpox akibat Clade I MPXV terjadi di kamp pengungsi di Republik Sudan. Asal usul zoonosis belum ditemukan.

Cara penularannya

Penularan mpox atau cacar monyet dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan kulit yang tertular atau lesi lain, seperti di mulut atau alat kelamin. Ini termasuk kontak tatap muka (berbicara atau bernapas), sentuhan atau melakukan seks, tetesan dari pernapasan atau aerosol jarak pendek dari kontak dekat yang berkepanjangan. Virus ini kemudian masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak, permukaan mukosa (misalnya mulut, faring, mata, genital, anorektal), atau melalui saluran pernapasan.

Juga dapat ditularkan dari hewan ke manusia, melalui gigitan atau cakaran, atau selama aktivitas seperti berburu, menguliti, menjebak, memasak, bermain dengan bangkai, atau memakan hewan yang terinfeksi. Selain itu juga dapat mpox dpat ditularkan dari benda yang terkontaminasi seperti pakaian atau linen, melalui luka tajam di layanan kesehatan, atau di lingkungan komunitas seperti salon tatto.

mencegah penularan monkey pox
Foto: Pexels.com

Cara mencegah yang dapat kamu lakukan

Melakukan vaksinasi untuk bantu menghentikan penyebaran. Menghindari kontak dengan hewan yang sakit atau mati dan membatasi penyebaran dari orang ke orang. Menghindari kontak dengan tempat tidur dan benda lain yang terkontaminasi virus. Memasak hingga matang, terutama yang mengandung daging atau bagian hewani. Seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Menghindari kontak dengan orang yang mungkin tertular virus.

Melakukan hubungan seks yang aman, termasuk menggunakan alat kontrasepsi. Mengenakan masker yang menutupi mulut dan hidung saat berada di sekitar orang lain. Membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh. Menggunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat orang yang terjangkit virus.

Nah, kamu dapat melakukan pencegahan yang telah dipaparkan di atas untuk mengurangi infeksi cacar monyet.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *