• March 5, 2024

Waspada Kepribadian Hitam ‘Dark Triad’

Sahabat Sehat, tahukah kamu jenis kepribadian Dark Triad? Kepribadian ini merupakan gabungan tiga karakter negatif yang mampu menyebabkan kerugian bagi pihak lain, bahkan kriminalitas jika sudah sampai level tinggi. Sering kali masyarakat tidak menyadari kehadiran pelaku Dark Triad sebab secara sekilas tampak seperti masyarakat normal pada umumnya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini!

Pengertian Dark Triad

Istilah “Dark Triad” dicetuskan oleh psikolog Delroy Paulhus dan Kevin Williams dalam sebuah penelitian tentang kepribadian pada tahun 2002. Sesuai dengan namanya yang ‘gelap’, kepribadian ini berisiko membahayakan dan menimbulkan kecemasan sosial, kejahatan, dan kriminal bagi orang-orang di sekitar pelaku.

Free Red Haired Woman in Dark Room Stock Photo
Sumber: pexels.com

Kepribadian ini belum banyak diketahui masyarakat umum, namun ciri-cirinya dapat mudah dideteksi dengan tiga karakter utama pelaku di antaranya Narsisme, Machiavellianisme, dan Psikopat. Di sisi lain, orang dengan kepribadian Dark Triad memiliki potensi lebih sukses dalam karir karena berbagai karakter yang dimilikinya.

Contoh kasus Dark Triad ada dalam dokumentari berjudul “At the Heart of Gold: Inside the USA Gymnastics Scandal”. Larry Nassar merupakan pelaku kasus ekstrem Dark Triad berupa kekerasan seksual yang dilakukan kepada perempuan muda atlet senam di US. Saat ditanya, pelaku dengan tenang menjelaskan ke korban bahwa apa yang dia lakukan hanya untuk semata-mata meningkatkan performa atlet mereka. Akhirnya, perilaku menyimpang pelaku terbongkar setelah para korban berani berbicara. Berikut tiga karakter utama yang dimiliki oleh pelaku.

Narsisme

Secara umum, narsisme merupakan sifat yang menunjukkan kecintaan diri sendiri secara berlebihan. Sifat ini ditandai dengan rasa mementingkan diri sendiri sehingga membutuhkan perhatian dan kekaguman dari orang-orang di sekitarnya. Seringnya, kebutuhan ini menimbulkan perilaku negatif lainnya, yaitu manipulatif yang mana berbahaya karena mampu membuat turunnya atau bahkan hilangnya self esteem korban.

Menurut Psychology Today, pelaku narsisme sering kali membicarakan kehebatannya dalam karier atau bidang lainnya. Pelaku haus akan penghargaan atau pujian kekaguman, ingin selalu menjadi pusat perhatian dan mendapatkan perlakuan khusus sehingga dapat menunjukkan status yang dianggap lebih tinggi oleh orang-orang di sekitarnya.

Machiavellianisme

Dalam buku Machiavelli-The First Century Studies in Enthusiasm, Hostility, dan Irrelevance, ditemukan bahwa machiavellianisme merupakan kepribadian yang hanya berfokus pada diri sendiri sehingga melakukan segala cara untuk mewujudkan keinginan tersebut, termasuk manipulasi, tipuan, dan eksploitasi. Biasanya kepribadian ini banyak dimiliki laki-laki dibandingkan perempuan.

Psikopat

Berbeda dengan definisi psikopat yang sering kamu lihat di televisi yang identik dengan pembunuhan, pelaku psikopat justru tampil menawan seperti manusia normal lainnya. Namun, di sisi lain mereka mampu bersikap tanpa belas kasihan, tidak memiliki empati, tidak berperasaan, sinis, pelanggar aturan, merasionalisasi perilaku buruk dengan dalih “aku melakukan ini untuk kebaikan”.

Free Unrecognizable black man in mask of anonymous in city Stock Photo
Sumber: pexels.com

Sumber lain menyebutkan bahwa jenis psikopat pada kepribadian Dark Triad yaitu masih dalam bentuk subklinikal psikopat yang memiliki efek lebih rendah terhadap sekitar serta memiliki level ekstrem lebih rendah pula meskipun kebiasaan dan tingkah laku yang ditunjukkan tidak jauh berbeda.

Nah Sahabat Sehat, kepribadian Dark Triad sering kali tidak disadari oleh pelakunya, namun dampak buruk yang ditimbulkan cukup besar bagi korban. Agar terhindar dari kepribadian ini, langkah awal yang bisa kamu lakukan yaitu menyadari kehadiran orang dengan 3 karakter di atas. Keep your mental health! Jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Psychology Today. 2020. How to Spot Narcistic, Manipulative Psychopath. www.psychologytoday.com. Diakses pada tanggal 22 April 2022.

Psychology Today. 2009. Narcissism. www.psychologytoday.com. Diakses pada tanggal 22 April 2022.

Harley Therapy. 2023. What is Machiavellianism in Psychology? www.harleytherapy.co.uk. Diakses pada tanggal 22 April 2022.

Verywell mind. 2023. Dark Triad Personality: 3 Traits to Know. www.verywellmind.com. Diakses pada tanggal 22 April 2022.

About the Author

Mega Kurniawati

Nutritionist, Health Writer and Editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *