• December 6, 2023

Witch Hazel, Bahan Populer untuk Produk Skincare

Halo Sahabat Sehat! Witch hazel adalah tanaman yang memiliki bunga dengan kelompok memanjang berwarna kuning. Kandungan dari bunga ini sering ditambahkan pada produk perawatan kulit karena banyak mengandung senyawa yag bermanfaat untuk kulit. Lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

tanaman witch hazel
Foto: Pixabay.com

Witch hazel

Witch hazel atau Hamemalis virguniana merupakan tumbuhan semak atau pohon kecil yang berasal dar bagian timur Amerika Utara. Bunga, kulit kayu dan daun semak witch hazel yang berwarna-warni biasanya akan diolah menjadi tonik untuk penduduk asli orang Amerika.

Tumbuhan dari genus Hamamelis ini dianggap tidak biasa karena menghasilkan bunga dan buah secara bersamaan dalam setahun, biasanya pada musim gugur atau musim dingin. Bunga Hamamelis virginiana L. berbentuk kumpulan kelopak kuning, oranye, atau merah seperti pita.

Lalu, apa saja sih kandungannya? Senyawa yang bermanfaat dari daun atau kulit kayu witch hazel telah diidentifikasi, sebagian besar berupa polifenol seperti asam hidroksisinamat, flavonoid, dan tanin. Kandungan inilah yang membuat witch hazel banyak digunakan untuk membuat produk perawatan kulit.

Manfaat witch hazel untuk kulit

Witch hazel bermanfaat untuk melawan infeksi jerawat karena kandungan senyawa tanin sebagai antibakteri dan mengurangi jerawat karena memiliki efek antiradang, bahkan juga bermanfaat untuk mengurangi gatal, bentol dan kemerahan.

manfaat witch hazel untuk perawatan kulit
Foto: Freepik.com

Selain itu, tanaman ini juga memiliki efek anti inflamasi yang bermanfaat untuk eksim dan ruam akibat popok pada bayi. Kandungan polifenolnya dapat meredaan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.

Toner yang mengandung estrak tanaman ini dapat mengencangkan pori-pori yang disebabkan oleh mulai mengendurnya kulit. Sabun wajah yang mengan tanaman ini juga dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. Produk astringent-nya dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Manfaat lainnya

Selain manfaatnya untuk kulit, witch hazel juga punya manfaat lain untuk kesehatan, seperti mampu meredakan gejala wasir ringan yaitu gatal, nyeri dan bengkak atau benjolan pada anus. Pemanfaatan tanin pada ekstrak witch hazel dapat digunakan untuk merawat luka kecil dan luka bakar yang ringan.

Sahabat Sehat, walaupun witch hazel ini aman digunakan untuk kulit, kamu perlu mengeceknya terlebih dahulu, apakah produk tersebut cocok untuk kulitmu. Caranya dengan mengoleskan sedikit produk skincare yang mengandung witch hazel dan diamkan selama 24 jam. Apabila timbul reaksi alergi, maka segera hentikan pemakaian.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Abbas, T. F., Abbas, M. F., & Lafta, A. J. 2020. Antibacterial Activity and Medical Properties of Witch Hazel Hamamelis virginiana. https://faculty.uobasrah.edu.iq/uploads/publications/1599112544.pdf. Diakses 15 April 2023.

Bella, A. 2023. Witch Hazel, Mengenal 5 Manfaatnya untuk Kesehatan. https://www.alodokter.com/witch-hazel-mengenal-5-manfaatnya-untuk-kesehatan#:~:text=Kandungan%20tanin%20yang%20ada%20di,jerawat%20karena%20memiliki%20efek%20antibakteri. Diakses 15 April 2023.

Choi, J., Yang, D., Moon, M. Y., Han, G. Y., Chang, M. S., & Cha, J. 2021. The Protective Effect of Hamamelis virginiana Stem and Leaf Extract on Fine Dust-Induced Damage on Human Keratinocytes. https://www.mdpi.com/2079-9284/8/4/119. Diakses 16 April 2023.

Fadli, R. 2022. Amankah Skincare Witch Hazel bagi Kulit Sensitif?. https://www.halodoc.com/artikel/amankah-skincare-witch-hazel-bagi-kulit-sensitif. Diakses 15 April 2023.

Piazza, S., dkk. 2022. Anti-Inflammatory and Anti-Acne Effects of Hamamelis virginiana Bark in Human Keratinocytes. Antioxidants11(6), 1119. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/35740016/. Diakses 15 April 2023.

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *